The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Psikolog Sebut Mengajarkan Empati Pada Anak Bisa Lewat Bermain dan Berbagi
Ilustrasi anak sedang bermain dan berbagi dengan temannya. (photo/Pexels/Cottonbro/ilustrasi)
Life

Psikolog Sebut Mengajarkan Empati Pada Anak Bisa Lewat Bermain dan Berbagi

Sabtu, 13 November 2021 20:00 WIB 13 November 2021, 20:00 WIB

INDOZONE.ID - Psikolog anak dari Universitas Indonesia Anastasia Satriyo, M.Psi menjelaskan pentingnya mengajarkan anak untuk memiliki rasa simpati dan empati dengan sesama, sejak dini.

Menurut Anastasia, salah satu caranya adalah selain dengan bermain bersama, juga dengan membiasakan untuk berbagi kepada teman maupun siapapun yang membutuhkan.

"Baiknya kebiasaan untuk berbagi dipupuk sejak dini agar sang buah hati dapat tumbuh menjadi pribadi yang dermawan dan memiliki rasa empati tinggi terhadap sesama," kata Anastasia dalam keterangannya pada Sabtu (13/11) dikutip dari ANTARA.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa anak belajar untuk berbuat kebaikan melalui quality time bersama dan mencontoh dari orangtuanya.

Baca juga: Daftar Tiga Orang yang Bangkit dari Kegagalan, Kini Menjadi Sangat Terkenal dan Memotivasi

Orang tua bisa mengajarkan anak melalui permainan yang menyenangkan dan tidak memaksa, hal ini akan membuat anak ingat akan memiliki keinginan untuk mengulang berbuat baik ke depannya.

Anastasia juga berbagi tips melatih anak untuk berbuat kebaikan. 

"Pertama, menggunakan kata-kata atau kalimat yang baik dan mengapresiasi perilaku anak yang baik, lalu bisa juga orang tua bermain role play menggunakan figur dan mainan yang konkrit," kata dia.

Kiat selanjutnya, orang tua bisa mengajak anak bermain sambil mengenalkan beragam nama emosi pada buah hati.

"Dalam beberapa permainan biarkan anak memegang kendali. Anak yang mendapatkan kesempatan untuk diikuti saat bermain akan lebih mudah berempati terhadap orang lain," jelasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
Kana

Kana

Editor

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US