Apakah Kamu Korban Gosip di Kantor? Ini Tips Mengatasinya

- Kamis, 11 Juli 2019 | 14:44 WIB
pexels.com
pexels.com

Ada banyak karakteristik orang yang kamu temui di kantor. Setiap orang bisa saja membuat kesalahan, 
namun ternyata kesalahan yang kamu perbuat menyebar dan menjadi bahan perbincangan orang-orang di kantor. 

Jika kamu menjadi korban gosip di kantor. Berikut tips yang #KAMUHARUSTAU untuk mengatasinya!

1. Berhubungan dengan gosip dan rumor di kantor 

-
pexels.com/Jopwell

Suka atau tidak, gosip di kantor memang menciptakan lingkungan yang penuh tekanan bagi karyawan, terutama mereka yang menjadi korbannya.

Sayangnya, ada beberapa pendapat yang saling bertentangan tentang gosip. Kebanyakan orang akan setuju bahwa gosip bisa sangat menjengkelkan dan berbahaya.

Namun, ada ahli yang percaya bahwa gosip bisa bermanfaat juga. Misalnya, Dr. Jack Levin dalam bukunya ‘Gosip: The Inside Scoop’ telah membuat pengamatan bahwa bergosip sebenarnya baik untuk kesehatan emosi seseorang.

Menurutnya, "Meskipun berbicara di belakang orang lain bisa berbahaya, secara umum ia mengikat kelompok sosial dan jaringan bisnis." dilansir dari timesofindia

Tetapi tidak dapat disangkal fakta bahwa orang yang menjadi target gosip akhirnya merasa terisolasi dan terkuras secara emosional.

Jadi, jika Anda dijadikan target gosip kantor atau menemukan rekan kerja yang menyebarkan desas-desus tentang Anda, hadapilah orang-orang dengan kepala tegak dan buktikan bahwa Anda tidak bersalah. 

2. Percaya diri dan bertingkah kuat

-
pexels.com/Pixabay

Pembuat gosip di kantor seperti para pengganggu di sekolah, mereka menyerang orang yang lemah. Orang-orang ini berkembang dan menikmati ketika target mereka bereaksi terhadap setiap situasi atau rumor.

Cara terbaik untuk berurusan dengan orang-orang seperti ini adalah dengan berdiri tegap dan percaya diri. Bahkan jika Anda merasa ingin cuti atau kabur dari kantor, tetap tenang dan hadapi mereka dengan baik atau tegas.

Perilaku seperti itu akan mencegah karyawan jahat menyebarkan desas-desus dan mereka akan menerima pesan bahwa Anda bukan seseorang yang bisa dikacaukan.

3. Dekati rekan kerja lain

-
pexels.com/ELEVATE

Untuk menghadapi orang-orang yang bergosip tentang Anda. Mungkin cara terbaik adalah mendekati rekan kerja lain dan membuka obrolan umum. 

Pikirkan ini, apakah tindakan seperti itu akan menghentikan mereka berbicara di belakang Anda? Jika mereka berkata, mereka tidak memulai desas-desus, bagaimana Anda membuktikan sebaliknya?

Ini adalah situasi yang sangat sulit dan Anda harus menghadapinya dengan sabar dan bijaksana.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

3 Ayat Alkitab Tentang Masa Depan

Selasa, 16 April 2024 | 17:00 WIB

5 Contoh Hak Siswa di Sekolah yang Kamu Harus Tau!

Kamis, 11 April 2024 | 09:10 WIB
X