The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Apakah Kamu Korban Gosip di Kantor? Ini Tips Mengatasinya
pexels.com
Life

Apakah Kamu Korban Gosip di Kantor? Ini Tips Mengatasinya

Saat kamu menjadi bahan perbincangan di kantor. Hadapilah!

Kamis, 11 Juli 2019 14:44 WIB 11 Juli 2019, 14:44 WIB

INDOZONE.ID - Ada banyak karakteristik orang yang kamu temui di kantor. Setiap orang bisa saja membuat kesalahan, 
namun ternyata kesalahan yang kamu perbuat menyebar dan menjadi bahan perbincangan orang-orang di kantor. 

Jika kamu menjadi korban gosip di kantor. Berikut tips yang #KAMUHARUSTAU untuk mengatasinya!

1. Berhubungan dengan gosip dan rumor di kantor 

pexels.com/Jopwell
pexels.com/Jopwell

Suka atau tidak, gosip di kantor memang menciptakan lingkungan yang penuh tekanan bagi karyawan, terutama mereka yang menjadi korbannya.

Sayangnya, ada beberapa pendapat yang saling bertentangan tentang gosip. Kebanyakan orang akan setuju bahwa gosip bisa sangat menjengkelkan dan berbahaya.

Namun, ada ahli yang percaya bahwa gosip bisa bermanfaat juga. Misalnya, Dr. Jack Levin dalam bukunya ‘Gosip: The Inside Scoop’ telah membuat pengamatan bahwa bergosip sebenarnya baik untuk kesehatan emosi seseorang.

Menurutnya, "Meskipun berbicara di belakang orang lain bisa berbahaya, secara umum ia mengikat kelompok sosial dan jaringan bisnis." dilansir dari timesofindia

Tetapi tidak dapat disangkal fakta bahwa orang yang menjadi target gosip akhirnya merasa terisolasi dan terkuras secara emosional.

Jadi, jika Anda dijadikan target gosip kantor atau menemukan rekan kerja yang menyebarkan desas-desus tentang Anda, hadapilah orang-orang dengan kepala tegak dan buktikan bahwa Anda tidak bersalah. 

2. Percaya diri dan bertingkah kuat

pexels.com/Pixabay
pexels.com/Pixabay

Pembuat gosip di kantor seperti para pengganggu di sekolah, mereka menyerang orang yang lemah. Orang-orang ini berkembang dan menikmati ketika target mereka bereaksi terhadap setiap situasi atau rumor.

Cara terbaik untuk berurusan dengan orang-orang seperti ini adalah dengan berdiri tegap dan percaya diri. Bahkan jika Anda merasa ingin cuti atau kabur dari kantor, tetap tenang dan hadapi mereka dengan baik atau tegas.

Perilaku seperti itu akan mencegah karyawan jahat menyebarkan desas-desus dan mereka akan menerima pesan bahwa Anda bukan seseorang yang bisa dikacaukan.

3. Dekati rekan kerja lain

pexels.com/ELEVATE
pexels.com/ELEVATE

Untuk menghadapi orang-orang yang bergosip tentang Anda. Mungkin cara terbaik adalah mendekati rekan kerja lain dan membuka obrolan umum. 

Pikirkan ini, apakah tindakan seperti itu akan menghentikan mereka berbicara di belakang Anda? Jika mereka berkata, mereka tidak memulai desas-desus, bagaimana Anda membuktikan sebaliknya?

Ini adalah situasi yang sangat sulit dan Anda harus menghadapinya dengan sabar dan bijaksana.

4. Bersikap kalem 

pexels.com/rawpixel.com
pexels.com/rawpixel.com

Cara terbaik untuk berurusan dengan kolega jahat adalah dengan berpikir lebih pintar daripada mereka. Inilah bagaimana psikologi terbalik bisa menyelamatkan Anda.

Tujuan utama pembuat gosip adalah untuk menyakiti orang yang mereka targetkan dan jika Anda dapat menunjukkan kepada mereka bahwa pembicaraan kecil dan komentar mereka tidak menyakiti Anda, itu akan membuat mereka lengah.

Misalnya, Anda dapat mendekati rekan kerja Anda dan mengatakan sesuatu seperti ini, "Saya mendengar rumor terbaru tentang diri saya. Tapi itu terdengar sangat muda dan lucu."

Ini akan menunjukkan bahwa rumor dan gosip tidak memengaruhi Anda dan dengan demikian membuat orang-orang itu tidak melanjutkan kegiatan mereka.

5. Jangan pernah membagikan informasi detail tentang pribadi 

pexels.com/rawpixel.com
pexels.com/rawpixel.com

Setelah mengambil langkah-langkah yang memadai untuk menghentikan gosip saat ini, selalu persiapkan masa depan dan pastikan bahwa tidak akan ada orang yang akan membicarakan di belakang Anda.

Inilah sebabnya mengapa penting untuk tidak membagikan detail tentang kehidupan pribadi Anda dengan rekan kerja Anda.
Karena Anda tidak pernah tahu kapan mereka akan menggunakan dan menjadikan Anda subjek dari sesi diskusi mereka yang menarik.

6. Jangan membahas proyek kantor dengan rekan kerja

pexels.com/MoosePhotos
pexels.com/MoosePhotos

Ketika datang pekerjaan kantor, jangan berdiskusi dengan kolega yang bukan bagian dari itu. Jika Anda diminta mengerjakan sesuatu, Anda harus menyelesaikannya tanpa campur tangan orang lain.

Semakin banyak orang mendapat kesempatan untuk 'menusuk hidung' dalam bisnis Anda, semakin mereka akan membicarakannya. Kecuali jika itu aktivitas kelompok atau tim, simpan pekerjaan Anda sendiri.

7. Tetap fokus dengan pekerjaan Anda

pexels.com/rawpixel.com
pexels.com/rawpixel.com

Apa pun yang terjadi, jangan terlalu mendramatisir. Selalu ingat bahwa Anda memiliki pekerjaan di tangan dan diharapkan melakukan tugas-tugas tertentu.

Anda harus menginvestasikan waktu dan energi Anda dalam menyelesaikan tujuan profesional.

Saat Anda terlibat dalam pembicaraan kecil dan gosip, bahkan dalam upaya untuk memperjelas nama Anda darinya, Anda berisiko mendapatkan reputasi negatif. Anda tidak menginginkan itu, bukan?

TAG
Indozone Media
Indozone Media
Indozone Media

Bela

Writer
Indozone Media

Indozone Life

Reporter
JOIN US
JOIN US