The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Inilah Dampak Negatif Bila Tidak Mandi Lebih dari Dua Hari
Ilustrasi/blog.memd.me
Life

Inilah Dampak Negatif Bila Tidak Mandi Lebih dari Dua Hari

Rabu, 15 Januari 2020 10:30 WIB 15 Januari 2020, 10:30 WIB

INDOZONE.ID - Mandi adalah cara seseorang untuk membersihkan tubuhnya, baik dari kotoran, kuman, debu maupun keringat. Biasanya mandi dilakukan sekali atau dua kali dalam sehari.

Namun terkadang banyak orang yang malas mandi dengan berbagai alasan. Misalnya jadwal padat, pulang larut malam, maupun udara dingin. Meski demikian dianjurkan untuk jangan sampai tidak mandi lebih dari dua hari karena hal buruk ini bisa menimpa kamu. Apa saja?

1. Jerawatan

jerawatan akibat tidak mandi lebih dari dua hari
Ilustrasi/stylecraze.com

Jarang mandi membuat kulit menjadi berminyak sehingga memicu pertumbuhan jerawat. Bukan hanya di wajah, jerawat juga dapat tumbuh di beberapa area tubuh.

"Sebum yang diproduksi kulit akan menumpuk ketika kamu tidak membersihkan wajah. Sebum ini bersama dengan bakteri yang hidup di kulit dapat membuat pori-pori tersumbat dan memimbulkan jerawat,” ujar Dr. Aishah, dokter dan ahli kesehatan dari Amerika Serikat.

2. Rambut Berminyak

rambut berminyak akibat tidak mandi lebih dari dua hari
Ilustrasi/thelist.com

Tidak mandi dan tidak cuci rambut selama beberapa hari membuat kotoran, minyak, dan sel kulit mati menumpuk di kulit kepala. Hal ini menyebabkan rambut berminyak dan gatal di kepala.

"Kelenjar sebaceous melepaskan zat berminyak yang disebut sebum yang membuat rambut kamu bersinar alami. Namun ketika kelebihan sebum menumpuk, kamu bisa mendapatkan rambut berminyak," terang Dr. Aishah.

3. Bakteri Jahat Menumpuk di Tubuh

bakteri menumpuk di tubuh akibat tidak mandi
Ilustrasi/sciencenews.org

Melewatkan waktu mandi berarti membiarkan bakteri jahat bersarang di tubuh. Bakteri-bakteri itu dapat menyebar ke mulut, mata, hidung dan lainnya sehingga tubuh rentan terhadap penyakit.


TAG
Laila Rahmi Batubara
JOIN US
JOIN US