Sering Merasa Hampa? Mungkin Ini 3 Alasannya
Ilustrasi merasakan kehampaan. (Pexels/Oixabay)
Life

Sering Merasa Hampa? Mungkin Ini 3 Alasannya

Saatnya bangkit.

Rabu, 19 Februari 2020 11:05 WIB 19 Februari 2020, 11:05 WIB

INDOZONE.ID - Apakah kamu pernah merasa sendirian meskipun saat itu kamu sedang dikelilingi oleh teman-temanmu dan tertawa bersama mereka? Atau mungkin kamu pernah merasa sedih atau bingung namun tidak tahu apa penyebabnya?

Jika benar seperti itu maka kamu tidak perlu cemas, sebab hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar dan hampir semua orang pernah mengalaminya selama fase hidup mereka.

Tidak peduli apakah orang tersebut memiliki banyak teman, kaya raya, ataupun berpendidikan tinggi, mereka terkadang tetap merasakan bahwa ada suatu kekosongan dari hidup yang mereka sendiri tidak tahu datangnya dari mana.

Tapi jangan khawatir, mungkin hal berikut merupakan salah satu penyebab yang menjadi alasan dari kehampaan yang sedang kamu rasakan saat ini.

1. Merasa Terjebak dalam Hubungan Palsu

Merasa Hampa? Mungkin Ini 3 Alasannya
Ilustrasi merasa hampa. (Pexels/Tess Emily Seymour)

Hal terpenting dalam menjalin hubungan pertemanan, keluarga, ataupun dengan pasangan adalah kualitas dan intimasi dari hubungan itu sendiri. Jadi bukan dari seberapa banyak kamu memiliki teman atau seberapa sering kalian bertemu.

Sebab jika hubungan antara kamu dan temanmu masih terdapat jarak atau dinding yang membuat kalian sungkan untuk saling berbagi kisah atau permasalahan yang lebih personal, maka lama-kelamaan kamu tidak akan nyaman dengan hubungan tersebut. 

Karena ketika kamu tidak dapat mengungkapkan apa yang sebenarnya kamu rasakan, maka kamu tentu sedang tidak menjadi diri kamu sendiri. Dan dapat dipastikan kalau berpura-pura menjadi pribadi lain itu merupakan hal yang sangat melelahkan. Be yourself!

2. Tidak Mengenali Diri Seutuhnya, Mimpi, dan Tujuan Hidupmu

Merasa Hampa? Mungkin Ini 3 Alasannya
Ilustrasi merasa hampa. (Pexels/Garon Piceli)

Tidak memiliki tujuan hidup dan tidak tahu apa yang ingin kamu lakukan merupakan hal paling membingungkan dan menakutkan untuk dihadapi. Sebab jika dibiarkan berlarut-larut, maka kamu akan terbiasa hidup bermalas-malasan dan tanpa arah. Hingga pada akhirnya kamu akan merasa bahwa hidup menjadi tak bermakna lagi.

Mulailah sering bertanya pada diri sendiri tentang apa yang sebenarnya kamu impikan dan ingin lakukan dalam hidup. Sehingga kamu akan kembali termotivasi untuk mencapai tujuan tersebut. Teruslah mengevaluasi diri sendiri dan berusaha menjadi sosok yang lebih baik lagi dari hari ke hari.

3. Belum Berdamai dengan Kegagalan Masa Lalu

Merasa Hampa? Mungkin Ini 3 Alasannya
Ilustrasi merasa hampa. (Pexels/Hichem Deghmoum)

Sepertinya setiap orang pernah merasakan kegagalan dan kehilangan sesuatu yang berharga bagi hidup mereka. Misalnya ketika kamu ditinggal pergi oleh orang tersayang untuk selamanya, ataupun ketika kamu merasa salah dalam mengambil keputusan penting. Namun yang dapat memperburuk keadaan adalah ketika kamu merasa putus asa dan tidak tahu harus berbuat apa untuk memperbaikinya.

Seharusnya yang kamu lakukan ketika dihadapkan dengan cobaan seperti itu adalah mencoba berdamai dengan perasaan tersebut dan menjadikannya pelajaran untuk berusaha lebih baik lagi ke depannya. Jadi, jangan biarkan masa lalu menghambat langkahmu untuk menjadi lebih baik.


Pada akhirnya, yang dapat mengetahui mengapa kamu merasa hampa dan membantumu keluar dari permasalahan tersebut adalah dirimu sendiri. Jadi tetap semangat, ya!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Utami Evi Riyani
Dita Rana
Dita Rana

Dita Rana

Content Writer
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU