Sering Jadi "Kambing Hitam" di Keluarga? Tak Apa, Ada Hal Positifnya
Ilustrasis seseorang yang sendirian. (Unsplash/@anthonytran)
Life

Sering Jadi "Kambing Hitam" di Keluarga? Tak Apa, Ada Hal Positifnya

Sabtu, 15 Februari 2020 14:44 WIB 15 Februari 2020, 14:44 WIB

INDOZONE.ID - Sering dituduh dan disalahkan atas perbuatan yang tidak dilakukan alias jadi "kambing hitam" tentu bukan hal yang menyenangkan. Terlebih lagi jika itu terjadi di keluarga sendiri. Tentu akan membuat kehilangan kepercayaan diri sampai merasa minder. Pikiran buruk dan merasa tidak berguna akan menyelimuti diri. Hingga perasaan terbuang dan tidak punya keluarga semakin menjadi-jadi.

Melansir dari Brightside, ternyata masih ada hal positif bagi mereka yang merasa dijadikan "kambing hitam" di dalam keluarga. Apa saja? Berikut ulasannya.

1.Membentuk Diri Lebih Kuat

membentuk diri lebih kuat
Ilustrasi orang yang kuat. (freepik.com)

Diperlakukan berbeda dalam keluarga akan menjadikan dirimu terbentuk menjadi pribadi yang lebih kuat. Kamu harus terus melatih diri dan mental meski terkadang gagal. Dengan begitu kamu akan lebih kuat menghadapi rintangan hidup serta mampu bertahan dan membela diri sendiri.

2. Menjadikan Diri Lebih Mandiri

memebentuk diri lebih kuat
Ilustrasi orang yang mandiri. (palverlag.com)

Sering tidak diterima dalam keluarga mengajarkan kamu untuk jadi sosok yang lebih mandiri. Kamu akan belajar mengandalkan diri sendiri tanpa bergantung pada orang.

3. Menjauhkan Diri dari Toxic People

menjauh daritoxic people
Ilustrasi menjauh dari toxic people. (adobe.stock.com)

Usahakan untuk mengontrol diri supaya tidak terus-menerus untuk mengubah diri untuk keinginan orang lain. Jangan memaksakan standar mereka pada dirimu. Hal ini dapat benar-benar mempengaruhi kesehatan mental dan cara pandang diri sendiri. Jadi menjauhlah dari orang-orang yang hanya ingin menuntut.

4. Membuatmu Unik

membuat unik
Ilustrasi para wanita yang sedang tertawa. (glamourfame.com)

Bila keluarga menganggap bahwa kamu aneh dan tidak punya kesamaan dengan mereka justru itulah yang membuatmu unik. Ciri-ciri unik dalam dirimu yang tidak disukai keluarga akan membantumu lebih cocok dengan orang lain.

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Zal
Laila Rahmi Batubara

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU