The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kumpulan Amalan dan Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal
Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal (Photo/Pixabay/freebiespic)
Life

Kumpulan Amalan dan Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal

Rabu, 29 September 2021 20:24 WIB 29 September 2021, 20:24 WIB

INDOZONE.ID - Ditinggal oleh orang tua untuk selama-lamanya adalah momen yang menyedihkan bagi setiap anak. Tak ada lagi doa orang tua yang mengiringi langkah menjalani hidup, sebaliknya inilah giliranmu sebagai anak untuk mendoakan orang tua yang sudah meninggal dunia.

Dalam ajaran Islam ada sebuah hadis yang menyatakan bahwa jika seseorang meninggal dunia maka segala amalannya akan terputus, kecuali tiga perkara yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan doa anak saleh.

Oleh karena itu, hal utama yang bisa kamu lakukan sebagai anak adalah mendoakan orang tua yang sudah meninggal. Berdoalah agar orang tuamu mendapat pengampunan dan perlindungan di surga.

Amalan Berbakti Kepada Orang Tua yang Sudah Meninggal

Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal
photo/antaranews

Walaupun orang tuamu sudah meninggal, namun kamu masih bisa berbakti dengan melakukan amalan-amalan berikut ini:

  1. Melaksanakan janji dan wasiat orang tua.
  2. Berdoa dan memohon ampun untuk orang tua.
  3. Mensalatkan dan menguburkan jenazah orang tua.
  4. Membayar dan melunasi utang orang tua semasa hidup.
  5. Menyambung tali silaturahmi dengan sahabat dan rekan orang tua.
  6. Bersedekah atas nama orang tua.
  7. Melaksanakan ibadah haji untuk orang tua.
  8. Menjaga nama baik orang tua.
  9. Ziarah ke makamnya.

Doa Untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal
photo/antaranews

Apabila orang tua kamu sudah meninggal, sebagai anak sudah seharusnya kamu mengirimkan doa agar mereka diberikan tempat yang terbaik di sisi Allah SWT.

Doa Agar Orang Tua Diberi Ampunan

Berdoa untuk orang tua yang sudah meninggal adalah hal yang tak boleh kamu lewatkan. Mintalah kepada Allah SWT agar dosa-dosa orang tua kamu diampuni dan amal ibadahnya diterima.

Robbanaghfirlii waliwalidayya walilmu'miniina yauma yaquumul hisaab

Artinya: "Ya Rabb kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapakku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat)." (QS. Surat Ibrahim: 41)

Doa Agar Orang Tua Masuk Surga

Doa untuk orang tua yang sudah meninggal juga perlu kamu panjatkan agar orang tua mendapat tempat yang terbaik di sisi Allah SWT dan dijauhkan dari siksa api neraka.

Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal
Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal

Allahummaghfir lahu warhamhu wa 'afihi aa'fu 'anhu wa akrim nuzulahu wa wassi' madkhalahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khathaa ya kamaa yunaqqats-tsawbul abyadhu minad danas. Wa abdilhu daaran khairan min daarihii wa ahlan khairan min ahlihii wa zawjan khairan min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a 'idzhu min 'adzaabil qobri wa fitnatihi wa min 'adzaabin naar.

Artinya: "Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah kedua orang tuaku. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, bersihkanlah kedua orang tuaku dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah kedua orang tuaku dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran.

Dan gantilah tempat tinggalnya dengan tempat tinggal yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya juga. Masukkanlah kedua orang tuaku ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka."


Itulah doa untuk orang tua yang sudah meninggal yang bisa kamu praktikkan. Jangan lupa untuk mendoakan kedua orang tua selesai salat.

Artikel Menarik Lainnya:

Fahrizal Daulay
Indriyana

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US