The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Dari Balik Jeruji Napi Lapas Cuan Ratusan Juta Rupiah, Begini Caranya!
Napi lapas bisa cuan ratusan juta dari balik penjara! (Irwansyah/IDZ Creators)
Life

Dari Balik Jeruji Napi Lapas Cuan Ratusan Juta Rupiah, Begini Caranya!

Sabtu, 25 Juni 2022 20:06 WIB 25 Juni 2022, 20:06 WIB

INDOZONE.ID - Lapas Bangkinang, Riau punya berbagai program pelatihan untuk memaksimalkan potensi para warga binaan atau narapidana. Para warga binaan diberikan pelatihan usaha supaya bisa produktif saat di dalam lapas maupun nanti setelah bebas dari jeruji besi.

Setelah dianggap memadai, sekitar 20 orang narapidana atau disebut warga binaan terpilih diberikan kesempatan untuk mengelola usaha ayam potong. Usaha ayam potong dipilih karena peluangnya cukup besar dan permintaan pasar tinggi.

ternak ayam di dalam lapas
Warga binaan beternak ayam (Irwansyah/IDZ Creators)

Peternakan ayam potong di Lapas Bangkinang dibangun di atas lahan seluas 8 x 16 meter persegi dan bisa menampung sebanyak 2.000 ekor ayam. Sumber modal awalnya dari Koperasi Pegawai Lapas Bangkinang. Setelah berkembang dan menghasilkan, keuntungan tersebut diputar kembali, termasuk untuk mencicil dana awal ke koperasi.

"Untuk pembuatan kandang lengkap dengan tempat makan dan minum, mengeluarkan modal sebanyak Rp35 juta. Selanjutnya, pembelian bibit ayam sebanyak Rp37 juta termasuk pakan dan vitamin. Waktu pemeliharaan 30 hari dengan rata-rata berat 1,5 sampai 2 kilogram per ekornya", ujar Sutarno, Kalapas Bangkinang.

Dalam sebbulan rata-rata para peternak dalam lapas bisa menghasilkan sebanyak 1.400 kilogram ayam potong. Per bulannya bibit ayam dimasukkan sebanyak dua kali,  mengantisipasi kekosongan kandang pasca panen.

peternak ayam di dalam lapas
Peternak ayam di dalam lapas, cuannya lumayan (Irwansyah/IDZ Creators)

Pemasarannya cukup mudah, karena ada pembeli yang langsung menjemput.

Siapa sangka, penjualan ayam potong bisa menghasilkan hingga ratusan juta rupiah.

“Untuk awal ini, dana keuntungan dibagi pada pengembaliam modal, biaya operasional dan juga upah pada para narapidana yang bekerja, sesuai aturan yang ada. Di samping setoran Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP). Jika masih ada sisa, maka keuntungan disimpan di koperasi.” Ujar Sutarno.

lapas bangkinang
Pelatihan beternak ayam dari Lapas Bangkinang (Irwansyah/IDZ Creators)

Sujeri, salah satu warga binaan mengaku senang bisa aktif dalam kegiatan usaha ini. Ia merasa menjalani masa hukumannya jadi lebih berwarna karena ada aktifitas yang bermanfaat.

"Kami jadi paham dan mengerti bagaimana cara pemilihan bibit, perawatan, sampai ke pemasarannya. Kami rasanya sudah tidak sabar untuk beternak ayam setelah bebas,” ucap Sujeri.

"Penjara tidak hanya jadi penghukuman atas perbuatan salah, namun juga memberikan arti hidup untuk bisa lebih baik, bisa bermanfaat, terutama memberikan peluang usaha ke depannya untuk menjalani kehidupan", tutup Sujeri.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

IDZ Creators
IDZ Creators

TAG
Rini Puspita
Irwansyah
Irwansyah

Irwansyah

Community Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US