The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pria Ini Mendirikan Komunitas Janda asal Brebes dan Tegal, Anggotanya Sampai 500 Orang!
Anggota komunitas janda dan pendirinya (Z Creators/Nurakhmawati)
Life

Pria Ini Mendirikan Komunitas Janda asal Brebes dan Tegal, Anggotanya Sampai 500 Orang!

Rabu, 24 Agustus 2022 09:02 WIB 24 Agustus 2022, 09:02 WIB

INDOZONE.ID - Tingginya angka perceraian yang luar biasa di Tegal membuat  Kepala Desa Karangmangu Kecamatan Tarub, Tegal, Jawa Tengah berinisiatif membuat komunitas yang anggotanya para Janda, bernama 'Jaran Bregas' alias Jaringan Janda Brebes, Tegal dan Slawi.

Menurut Kades Karangmangu, Budi Wicaksono, pada 2021 saja ada 2000 lebih janda di Tegal, apalagi di tahun-tahun sebelumnya. Tegal sendiri menduduki peringkat nomor 5, sementara di Brebes menduduki peringkat nomor 1 angka perceraian tertinggi.

jaran bregas
Suasana di kantor Kepala Desa Karangmangu (Z Creators/Nurakhmawati)

Sejak didirikan pada 1 Juni 2022 lalu, anggota dari komunitas Jaran Bregas ini sudah mencapai 500 orang. Mereka adalah para janda di wilayah Tegal, Brebes, dan Slawi yang berusia mulai dari 20 tahun hingga 45 tahun.

kades karangmangu
Kepala Desa Karangmangu ingin memberdayakan para janda (Z Creators/Nurakhmawati)

Budi Wicaksono yang akrab disapa Lurah Cinta ini mengatakan, visi dan misi dari komunitas ini adalah mewujudkan sila ke-5 pancasila, yakni Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Budi menambahkan bahwa para janda ini  juga merupakan warga negara Indonesia yang baik, patuh, taat pajak, dan perlu diberdayakan sehingga merasa berkeadilan.

“Kita berdayakan ekonominya, sosial hukumnya dan kebudayaannya, nanti ada Tim Pembela Perempuan (TPP) yang memberikan perlindungan hukum secara cuma-cuma.” Ujar Kades Karangmangu, Budi Wicaksono.

Nah, tim TPP sendiri beranggotakan para pengacara yang nantinya akan memberikan penyuluhan hukum dan perlindungan hukum  gratis. Sedangkan untuk pengembangan dari sisi ekonomi, para janda akan dibina dan diberi pelatihan membuka warung bakso, warteg, catering dengan brand Jaran Bregas.

Seiring berjalannya waktu, enggak menutup kemungkinan Jaran Bregas berkembang menjadi Jaran Jawa Tengah atau Jaran Indonesia.

Keren!

Artikel menarik lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Nurakhmawati
Nurakhmawati

Nurakhmawati

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US