The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kisah Mahasiswa Rayakan HUT RI di Jerman, Upacara dan Lakukan Hal Ini Sama Ragil Mahardika
Acara HUT RI di Jerman (Aulia Kurnia Hakim/Z Creators)
Life

Kisah Mahasiswa Rayakan HUT RI di Jerman, Upacara dan Lakukan Hal Ini Sama Ragil Mahardika

Sabtu, 20 Agustus 2022 10:44 WIB 20 Agustus 2022, 10:44 WIB

INDOZONE.ID - Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia enggak hanya terasa di dalam negeri. Antusiasme warga negara Indonesia yang tinggal di mancanegara juga membuat perayaan 17 Agustus semakin meriah.

Seperti di Frankfurt, Jerman, KJRI Frankfurt menggelar sejumlah kegiatan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Informasi terkait rangkaian acara ini sudah dipublikasikan sama pihak KJRI Frankfurt sejak 8 Agustus di Instagram @indonesianinfrankfurt. Acara 17-an di Frankfurt ini diperuntukan buat 500 orang. Tim Z Creators, sekaligus mahasiswa yang kuliah di Jerman, Aulia Kurnia pun ikut mendaftarkan diri dan hadir di momen spesial tersebut.

hut ri di jerman
Aulia (tengah) dan WNI lainnya yang berbusana khas Indonesia (Aulia Kurnia Hakim/Z Creators)

Bertempat di Wisma Indonesia Niederraeder Landstrasse 36, Rabu (17/8/2022) lalu, ratusan WNI dan diaspora Indonesia tumplek-blek di sana. Mereka datang dengan busana nasional yang didominasi unsur merah atau batik. Acara enggak hanya diikuti WNI tapi juga sejumlah WNA. Foto-foto pun jadi hal yang kudu-wajib-mesti dilakukan.

Upacara bendera di negeri orang jadi sesuatu yang bermakna.

“Padahal dulu ya, di zaman sekolah paling males kalau disuruh berdiri di tengah lapangan dan panas-panasan. Namun saat jadi perantau, banyak yang rela mengorbankan waktunya untuk ikut upacara.” Ujar Aulia.

perayaan hut ri di jerman
Peserta upacara berbaju nasional (Aulia Kurnia Hakim/Z Creators)

Dalam momen tersebut, Konjen KJRI Frankfurt, Acep Somantri menjadi pembina dan upacara berlangsung kurang lebih 20 menit-an.

perayaan hut ri di jerman
Upacara dipimpin Konjen KJRI, Acep Somantri (Aulia Kurnia Hakim/Z Creators0

Suasana kemudian menjadi sedikit cair saat masyarakat menyanyikan lagu ‘Hari Merdeka’ bersama-sama. Usai upacara, suasana makin ceria ketika panitia menyerahkan hadiah pertandingan olahraga. Kemudian dilanjutkan dengan potong tumpeng, lalu dibagikan buat para tamu udangan. Alhasil banyak yang pada rebutan.

perayaan hut ri di jerman
Pembagian nasi tumpeng gratis (Aulia Kurnia Hakim/Z Creators)

Panggung hiburan menjadi rangkaian acara yang paling ditunggu. Mulai dari gamelan, baca puisi, tari tradisional hingga dangdutan. Di saat penutup, selebgram dan konten kreator Ragil Mahardika bahkan didaulat menjadi MC sekaligus memimpin tari Maumere plus Poco-Poco. Seru!

ragil mahardika
Ragil Mahardika menjadi MC hiburan (@ragilmahardika)

Disamping bazar makanan Indonesia yang jadi primadonanya, dalam momen 17-an kali ini terselenggara vaksinasi Covid-19 gratis, terutama buat warga yang belum dapat vaksinasi booster 1 dan 2.

vaksinasi gratis
Vaksinasi gratis di KJRI Frankfurt (Aulia Kurnia Hakim/Z Creators)

Tersedia 150 dosis vaksin Pfizer Biontech atau Moderna. Kegiatan ini berlangsung di halaman depan Wisma Indonesia. Lumayan, jadi enggak harus antre.

Artikel menarik lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Aulia Kurnia Hakim
Aulia Kurnia Hakim

Aulia Kurnia Hakim

Community Writer
JOIN US
JOIN US