The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tips ala Shandy Aulia agar Anak Berani Berenang: Dimulai dari Orangtuanya
Shandy Aulia dan anak perempuannya. (Instagram/@shandyaulia)
Life

Tips ala Shandy Aulia agar Anak Berani Berenang: Dimulai dari Orangtuanya

Jumat, 06 Mei 2022 00:49 WIB 06 Mei 2022, 00:49 WIB

INDOZONE.ID - Beberapa bayi atau anak-anak mungkin merasa takut ketika harus berendam di air atau kolam renang karena beberapa faktor. Menurut Shandy Aulia, anak berani berenang tergantung orangtuanya.

Melalui akun Instagram-nya, Shandy mengungkapkan bahwa keberanian anak dimulai dari orangtuanya. Orangtua harus memberikan kesempatan untuk anak bereksperimen dan jangan terlalu sering mengeluarkan kata-kata penuh ketakutan.

"Jangan terlalu sering mengeluarkan kata-kata penuh ketakutan. Contoh, awas ya, jangan ini ya, aduh sakit ya, bahaya ini ya dan kata-kata yang cenderung memberikan energi khawatir ke anak," ungkap Shandy, dikutip dari Instagram Story-nya pada Kamis (5/5/2022).

Shandy mengaatakan bahwa dirinya selama ini lebih sering memberikan kata-kata support dengan memberikan pengertian ke anak. Ia juga memberikan contoh langsung pada sang anak. Sehingga, jika anak mau berani/suka berenang, maka orangtua juga harus sama dan menikmati renang.

tips anak berani berenang ala shandy aulia
Tips anak berani berenang ala Shandy Aulia. (Instagram/@shandyaulia)

Baca juga: Hepatitis Akut Mengintai Anak-Anak, Berikut Cara Mencegahnya

Dengan begitu, anak jadi termotivasi dan berani untuk melakukan hal-hal yang sebenarnya bisa ia lakukan, seperti berenang.

Kemudian, bila anak terjatuh, usahakan orangtua tidak teriak dan memasang reaksi panik berlebihan. Usahakan tetap tenang dan menanyakan kondisinya seperti bagian mana yang sakit. Setelah semua sudah dicek dan tidak ada masalah, katakan padanya bahwa semua baik-baik saja.

Setelah itu, alihkan perhatian anak dengan mengajaknya kembali bermain. Usahakan tidak memarahinya dengan kalimat yang membuat anak jadi terpojok. Karena kalimat tersebut bisa membuat si anak merasa gagal.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
M Fadli
Dina
M Fadli

M Fadli

Editor
Dina

Dina

Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US