The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ternyata Ini Makna dan Sejarah Hari Persahabatan Sedunia 30 Juli
Ilustrasi Hari Persahabatan Sedunia (photo/unsplash/@zacharytnelson)
Life

Ternyata Ini Makna dan Sejarah Hari Persahabatan Sedunia 30 Juli

Minggu, 31 Oktober 2021 15:47 WIB 31 Oktober 2021, 15:47 WIB

INDOZONE.ID - Hari Persahabatan Sedunia atau Hari Persahabatan Internasional (International Friendship Day) diperingati tanggal 30 Juli setiap tahunnya.

Perayaan Hari Persahabatan menjadi momen untuk mewujudkan solidaritas dan membangun perdamaian demi dunia yang lebih baik.

Hari Persahabatan Sedunia biasanya dirayakan dengan mengadakan kegiatan bersama, bertukar kado dan saling memberikan ucapan Hari Persahabatan.

Di balik penetapan Hari Persahabatan, ternyata terdapat sejarah unik dan makna baik yang menyertainya. Simak penjelasan Hari Persahabatan berikut ini!

Sejarah Hari Persahabatan Sedunia

hari persahabatan sedunia
Ilustrasi Hari Persahabatan Sedunia (photo/unsplash/@simonmaage)

Sejarah Hari Persahabatan Sedunia berawal dari perusahaan di Amerika bernama Hallmark Cards yang memproduksi kartu ucapan.

Pendiri Hallmark Cards yaitu Joyce Hall, saat itu menginginkan adanya hari peringatan untuk momen liburan agar masyarakat dapat menggunakan kartu ucapan buatan perusahaannya.

Strategi pemasaran tersebut berhasil membuat orang-orang saling menunjukkan kasih sayang dengan mengirimkan kartu ucapan.

Hingga akhirnya, Kongres Amerika Serikat menetapkan hari libur resmi pada tahun 1935, yang dirayakan pada hari Minggu pertama setiap bulan Agustus.

Namun pada 1940, perayaan Hari Persahabatan mulai berkurang karena dianggap mengambil keuntungan komersial untuk mempromosikan kartu ucapan.

Pada 30 Juli 1958, untuk pertama kalinya Dr. Ramon Artemio Bracho bersama pada anggota organisasi World Friendship Crusade bagian Amerika Utara, Paraguay, melakukan kampanye budaya damai melalui persahabatan.

United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) lalu mengeluarkan program bertajuk Culture of Peace yang kemudian diadopsi oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 1977.

Pada tahun 1998, istri dari Sekretaris Jenderal PBB Kofi Annan, yakni Nane Annan, menobatkan karakter Winnie the Pooh sebagai Duta Persahabatan.

Hingga akhirnya pada 27 April 2011, Majelis Umum PBB mendeklarasikan tanggal 30 Juli sebagai Hari Persahabatan Internasional (International Friendship Day).

Makna Hari Persahabatan Sedunia

hari persahabatan internasional
Ilustrasi Hari Persahabatan Sedunia (photo/unsplash/@zacharytnelson)

Hari Persahabatan Sedunia menjadi sarana bagi masyarakat tiap-tiap negara untuk mengupayakan perdamaian.

Melalui peringatan Hari Persahabatan, PBB mencanangkan terbangunnya jembatan antar komunitas agar dapat saling menghormati keragaman.

Makna Hari Persahabatan ini, juga mendorong pemerintah, organisasi internasional, dan kelompok masyarakat sipil untuk mengadakan acara, kegiatan dan inisiatif lain guna mempromosikan solidaritas, saling pengertian dan rekonsiliasi.

Perayaan Hari Persahabatan di Seluruh Dunia

hari persahabatan
Ilustrasi Hari Persahabatan Sedunia (photo/unsplash/@wildlittlethingsphoto)

Hari Persahabatan Internasional juga dikenal sebagai Hari Persahabatan Sedunia karena dirayakan oleh masyarakat yang ada di penjuru dunia.

Hanya saja, tanggal peringatan Hari Persahabatan Sedunia di berbagai negara berbeda-beda, yakni sebagai berikut:

  • Amerika Serikat, India, Uni Emirat Arab, & Bangladesh: hari Minggu pertama di bulan Agustus

  • Kolombia: Sabtu kedua di bulan Maret

  • Argentina, Brasil, & Spanyol: 20 Juli

  • Finlandia: 14 Februari 

  • Bolivia: 23 Juli


Demikianlah penjelasan mengenai Hari Persahabatan Internasional atau Sedunia (International Friendship Day). Selamat merayakan Hari Persahabatan!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Putri
Indriyana
Putri

Putri

Editor
Indriyana

Indriyana

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US