The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Efek Pandemi, WNI di Inggris Sukses Buka Kedai Bakso di London
Resto Indonesia di London yang sajikan bakso dan rendang (Rosi Meilani/IDZ Creator Community)
Life

Efek Pandemi, WNI di Inggris Sukses Buka Kedai Bakso di London

Kamis, 25 November 2021 17:46 WIB 25 November 2021, 17:46 WIB

INDOZONE.ID - Apa sih yang dirindukan warga Indonesia saat berada di luar negeri? Makanan, pasti jadi jawaban terbanyak. Cita rasa yang kaya rempah biasanya jadi alasan warga Indonesia selalu merindukan masakan nusantara.

Nah, buat kamu yang tinggal atau lagi berwisata di Inggris Raya, khususnya London, bisa melepas rindu nikmati sajian Indonesia di Triple Hot Spicy Cafe, di Queensway, London.

Warung bakso, resto indonesia di London, sajian indonesia di London
Rosi Meilani (IDZ Creator Community)

Sang pemilik, adalah warga negara Indonesia bernama Zukni Legowo, yang meracik sendiri aneka sajian andalannya, seperti bakso, soto, rendang dan nasi uduk.

Sementara untuk menu pencuci mulutnya, kedai yang berdiri sejak Maret 2020 ini menyajikan jajanan pasar seperti kue lapis dan putu ayu. Istimewanya, setiap akhir pekan Zukni konsisten menyajikan menu kejutan seperti rawon, gudeg, dan talam ketan. Variasi menu tersebut yang membuat para penikmat jadi terpikat.

bakso enak, Warung bakso anak, Warung bakso di London
Rosi Meilani (IDZ Creator Community)

Selain warga Indonesia, menurut Zukni, penikmat sajiannya kebanyakan adalah warga dari Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam yang bermukim di London dan sekitarnya. Tapi nggak sedikit juga warga lokal yang jadi pelanggan.

Warung bakso di London, kedai bakso di London
Rosi Meilani (IDZ Creator Community)

Sebenarnya, menjalani bisnis kuliner bukanlah pekerjaan utama Zukni ketika merantau ke London. Awalnya, WNI ini membuka usaha private tour yang kliennya adalah wisatawan asal Indonesia. Namun sejak pandemi Covid-19 melanda dunia, termasuk London, Zukni pun terkena imbas. Usahanya terpaksa gulung tikar karena tidak ada lagi wisatawan yang berkunjung ke Inggris Raya. 

Demi bertahan hidup, pria asal Semarang ini lantas banting setir membuka usaha kuliner dengan sistem online. Ia menjual bakso dan rendang berkonsep frozen food

Warung bakso, bakso anak di London, Warung bakso di London
Rosi Meilani (IDZ Creator Community)

Nah, karena respon yang sangat bagus dari pelanggan, Zukni akhirnya memberanikan diri membuka kedainya sendiri, Maret 2020 silam. Namun lagi-lagi, pandemi Covid-19 membuat kedainya sempat tiga kali tutup akibat pemberlakuan lockdown. Setelah kondisi mulai membaik, perlahan-lahan geliat wisata di London hidup kembali, kedai Zukni akhirnya diresmikan Oktober 2020. 

Warung bakso di London, bakso enak di luar negeri
Rosi Meilani (IDZ Creator Community)

Sukses mengangkat kuliner Nusantara di mancanegara, bapak 4 anak ini bagikan kunci menjalankan usahanya. Bersama sang istri, Zukni konsisten membagi tugas dalam bisnisnya. Istrinya sebagai tim produksi, sementara Zukni sebagai tim penjual. Menurutnya, kerja sama yang solid dalam menjalankan usaha kuliner di luar negeri sangat penting. Terutama soal rasa yang tetap terjaga, karena dimasak oleh “satu tangan”.

TAG
Rini Puspita
Rosi Meilani
Rosi Meilani

Rosi Meilani

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US