Jangan Sembarangan, Ini Tips Memilih Pengasuh Anak Ala Angkie Yudistia
Angkie Yudistia dan anaknya (Instagram/@angkie.yudistia)
Life

Jangan Sembarangan, Ini Tips Memilih Pengasuh Anak Ala Angkie Yudistia

Jumat, 14 Februari 2020 14:50 WIB 14 Februari 2020, 14:50 WIB

INDOZONE.ID - Dulu, seorang wanita terlebih ibu rumah tangga identik dengan segudang pekerjaan di dalam rumah. Mulai dari membersihkan rumah, memasak, mengurus suami dan anak dan masih banyak lagi.

Namun, sejak emansipasi wanita hadir, perempuan bukan lagi makhluk yang terbatas melakukan pekerjaan rumah saja. Mereka kini bebas untuk bekerja dan meniti karier di luar rumah.

Tapi, perubahan ini rupanya menjadi tantangan tersendiri bagi seorang wanita. Ia harus mampu mengatur waktunya untuk pekerjaan, tanpa melupakan tugasnya sebagai seorang istri dan ibu rumah tangga.

Banyaknya aktivitas dari dunia pekerjaan, memaksa para ibu terlebih dari kalangan milenial harus mempercayakan anaknya untuk diasuh oleh pengasuh anak (nanny).

Namun, membiarkan anak untuk diasuh orang lain sebenarnya bukan perkara mudah. Pasalnya, kita tidak tau bagaimana sifat asli dari pengasuh anak tersebut.

Jika beruntung, bisa saja kita mendapatkan pengasuh anak yang baik dan bisa sabar menghadapi anak. Tapi jika tidak, bisa saja kita dapat pengasuh anak yang emosional dan tak sabar.

Nah, untuk itulah ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mencari pengasuh anak.

Menurut Angkie Yudistia, Staf Khusus Presiden Gugus Muda sekaligus Pendiri This.able, mengungkapkan, ada tiga hal yang harus diperhatikan para ibu dalam memilih pengasuh anak.

1. Anggaran

anggaran
ilustrasi mempertimbangkan anggaran (pixabay/Steve Buissinne)

Menurut Angkie, sebelum memutuskan untuk memperkerjakan pengasuh anak, ada baiknya jika para orang tua mengatur anggaran atau budgeting.

"Jangan memaksa kalau kondisi ekonominya tidak memungkinkan. Kalau tidak memungkinkan, bagaimana ibu bisa memaksimalkan waktu yang ada untuk mengurus sendiri. Kalau berlebih bisa minta support system berupa nanny," ujar Angkie di Jakarta, Rabu (12/2/2020) dilansir dari ANTARA.

2. Selektif dalam memilih

anak
Angkie Yudistia bersama anak (instagram/@angkie.yudistia)

Selesai menentukan anggaran untuk mengasuh anak, langkah selanjutnya yang harus dilakukan ialah selektif dalam memilih kandidat pengasuh anak. Mulai dari latar belakang hingga agen penyalurnya.

"Ada assesment. Kita harus tahu nanny ini dari mana, rekomendasi apa yayasan. Parents harus punya rasa curiga karena kita ingin rasa aman," ujar Angkie.

"Bagaimana dia bekerja, kita harus bisa menganalisa. Kalau anak kita happy dan enggak ketakutan, ya take it. Kalau enggak, ya jangan dipaksa," sambungnya.

3. Manfaatkan teknologi

CCTV
ilustrasi CCTV (pexels/cottonbro)

Selain melihat latar belakang pengasuh anak, orang tua juga harus bisa menggunakan dan memanfaatkan CCTV untuk mengawasi anak.

"Zaman sekarang, teknologi semakin canggih, dan kita bisa kok memonitor CCTV lewat hp. Kita bisa ngobrol dan melihat apa yang terjadi di rumah ketika anak dititipkan. Jadi, emak zaman sekarang harus melek teknologi," ucapnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Putri
Zega

Zega

Editor
Putri

Putri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU