The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Viral! Kisah Polisi di Riau, Peduli ODGJ sampai Sekolahkan Bocah Pengamen
Bripka Donni, peduli pada ODGJ di Riau (Irwansyah/IDZ Creators)
Life

Viral! Kisah Polisi di Riau, Peduli ODGJ sampai Sekolahkan Bocah Pengamen

Kamis, 27 Januari 2022 09:15 WIB 27 Januari 2022, 09:15 WIB

INDOZONE.ID - Aksi sosial yang dilakukan personil Polres Indragiri Hulu, Brigadir Polisi Kepala (Bripka) Donni Malindo, patut diacungi jempol. Hampir setiap hari anggota polisi lalu lintas ini menebar kebaikan.

Bripka Donni terkenal sangat peduli pada orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), membantu warga kurang mampu hingga menyekolahkan anak kurang biaya.

bripka donni
Salah satu aksi sosial yang dilakukan Bripka Donni Malindo (Irwansyah/IDZ Creators)

Bertugas di Unit Lalu Lintas Polsek Lirik, jajaran Polres Indragiri Hulu (Inhu) Provinsi Riau, Bripka Donni telah berdinas sebagai polisi lalu lintas sejak 2013 hingga saat ini.

Suatu saat, Bripka Donni yang lahir di Peranap, Kabupaten Inhu ini pernah melihat ODGJ saat lepas dinas. Ia yang tengah bepergian dengan keluarga, enggak segan menghampiri ODGJ dan membantunya.

bripka donni malindo
Bripka Donni menolong ODGJ (Irwansyah/IDZ Creators)

Bripka Donni bahkan pernah memandikan ODGJ, memberi makan serta pakaian. Enggak sampai di situ, ia juga membantu biaya perawatan ODGJ ke rumah sakit jiwa.

"Saya kasihan melihat ODGJ. Makanya saya bantu merawatnya," tutur Donni.

Sekitar 10 ODGJ telah diselamatkannya. Bahkan, sudah ada yang pulang ke keluarganya. Donni mengaku memiliki impian yang besar untuk menampung ODGJ.

"Kalau ada rezeki nanti, saya mau bikin rumah singgah. Mudah-mudahan ada jalan," kata Donni.

Selain itu, selama dinas di lalu lintas, Donni juga kerap membantu warga kurang mampu. Seperti saat menemukan pelanggar lalu lintas, kemudian tidak ada biaya buat membayar tilang, Donni tak segan membantunya.

"Ada kemarin itu pengendara sepeda motor yang melanggar lalu lintas, tidak menggunakan helm. Tapi, dia tak ada uang buat bayar. Terus saya bantu biaya tilangnya. Jadi, saya yang tilang saya yang bayar. Karena saya enggak tegaan orangnya," cerita Donni.

Meski iba melihat sebagian pelanggar lalu lintas, Donni tetap memberikan tindakan tilang sebagai efek jera kepada pengendara.

Ia kemudian memberikan edukasi kepada pengendara agar tertib berlalu lintas demi keselamatan.

bripka donni malindo
Aksi Donni saat mengedukasi pelanggar lalu lintas (Irwansyah/IDZ Creators)

Selama berbagi kebaikan, Donni enggak mengharap balasan, melainkan mendapat kepuasan batin.Ia mendapat banyak saudara dan pengalaman baru.

"Alhamdulillah, ada kesenangan dan ketenangan dalam diri selama berbuat kebaikan. Hidup kita ini hanya untuk berbuat baik," ucap Donni.

Enggak sampai di situ, Bripka Donni juga menyekolahkan seorang bocah pengamen berkostum badut. Ia menemukan bocah tersebut kala lepas dinas dan tengah berjalan-jalan dengan sang istri di jalan lintas Pematang Reba, Rengat. 

bripka donni malindo
Aksi sosial Bripka Donni semata untuk memotivasi orang banyak (Irwansyah/IDZ Creators)

Setelah dihampiri, ternyata bocah 10 tahun tersebut putus sekolah akibat orang tuanya yang kurang mampu. 

Hati Donni terketuk, tanpa pikir panjang, ia menawarkan bantuan biaya biar sang anak tersebut bisa masuk sekolah, dan mendapat respon baik orang tua tersebut.

"Bulan Juni besok kan ada penerimaan siswa baru, jadi saya daftarkan. Insya Allah saya bantu biayanya, termasuk perlengkapan sekolah," kata Donni.

Bripka Donni merekam aksi sosialnya dan jadi konten untuk channel YouTube Malindo 262. Kata Donni, konten yang ia buat semata-mata untuk mengedukasi dan memotivasi orang lain.

Berkat aksi sosialnya, Donni sempat mendapat apresiasi dari Kapolres Inhu AKBP Bachtiar Alponso, Kapolsek Lirik AKP Aman Aroni dan rekan sesama polisi lainnya.

"Saya bersyukur banyak yang mendukung, Karena kegiatan saya ini murni untuk berbuat kebaikan. Semoga bermanfaat bagi orang lain," tutup Donni.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini 

IDZ Creators
IDZ Creators

TAG
Rini Puspita
Irwansyah
Irwansyah

Irwansyah

Community Writer
JOIN US
JOIN US