Tak Perlu Dekat-Dekat, Dukungan Seperti Ini Berarti bagi Pasien Covid-19
Ilustrasi pasien terisolasi (Unpslash/Erik Mclean)
Life

Tak Perlu Dekat-Dekat, Dukungan Seperti Ini Berarti bagi Pasien Covid-19

Mendukung dari jauh.

Kamis, 26 Maret 2020 11:45 WIB 26 Maret 2020, 11:45 WIB

INDOZONE.ID - Menjadi pasien virus corona (Covid-19), membuat penderita harus terpisah dengan keluarga dan kerabat dekat. Pasien harus menjalani karantina atau isolasi diri selama kurang lebih dua pekan. 

Tentunya dukungan dari berbagai pihak, khususnya, orang terdekat, amat penting bagi mereka. Lantas, dukungan terbaik seperti apa yang harus diberikan kepada pasien Covid-19?

Psikolog Klinis dan Forensik Kasandra Putranto, membagikan beragam bentuk cara yang baik untuk memberikan dukungan jarak jauh kepada pasien positif virus corona.

Kasandra menyebutkan, dukungan dalam bentuk komunikasi, berupa pesan, baik melalui teks singkat ataupun audio yang berisi kata-kata dukungan bisa diberikan kepada pasien Covid-19.

Virus corona
Ilustrasi dukungan untuk pasien covid-19 (Unpslash/alex bracken)

"Berkomunikasi dengan pasien isolasi memang sangat dibatasi. Namun, memberi dukungan berupa tulisan maupun pesan audio masih bisa dilakukan," ucap Kassandra kepada Indozone, Kamis (26/3/2020).

Ia menambahkan, walaupun sebenarnya menurut beberapa literatur penggunaan perangkat telekomunikasi pun harus dilarang. Tetapi beberapa pasien masih diberikan kesempatan untuk menggunakan perangkat telekomunikasi.

"Kalaupun diberikan, hanya untuk berkomunikasi dengan keluarga," tambahnya.

Selain itu, Kasandra berpesan, jika ada yang memiliki kerabat atau keluarga yang menjadi pasien dalam pengawasan (PDP), dan pasien positif Covid-19, diharapkan tetap tenang. Namun tetap memberikan pengertian, serta informasi yang tepat kepada pasien.

Pada prinsipnya, tentu harus mengetahui dengan pasti berbagai informasi yang kredibel tentang Covid-19. Jika PDP, sudah harus menjalani perawatan dan isolasi penuh di rumah sakit.

"Sementara ODP masih bisa berada di rumah, namun tetap harus menjalani karantina dan menahan diri agar tidak menularkan virus kepada orang lain," tutupnya. (Sar)

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fauzi
Vessy Dwi
Fauzi

Fauzi

Editor
Vessy Dwi

Vessy Dwi

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU