The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini Manfaatnya Jika Kamu Lebih Menghargai Proses daripada Hasil
Menghargai proses (Scoro)
Life

Ini Manfaatnya Jika Kamu Lebih Menghargai Proses daripada Hasil

Ada 5 keuntungan yang bisa kamu dapatkan

Rabu, 08 Juli 2020 21:02 WIB 08 Juli 2020, 21:02 WIB

INDOZONE.ID - Proses dan hasil adalah dua hal yang saling berkaitan erat satu sama lain. Agar bisa mendapatkan hasil yang kamu inginkan, kamu harus menjalani berbagai macam proses terlebih dulu. Namun, ada banyak orang yang merasa tidak sabar dan ingin memperoleh hasil dengan cara instan.

Mungkin kamu bisa saja menggapai target tanpa perlu bersusah payah dengan memanfaatkan privilege yang kamu miliki. Mampu menggapai target dan memperoleh hasil sesuai harapan memang penting, tapi tanpa melalui sebuah proses yang kamu usahakan sendiri, kamu tidak akan mendapat esensi dari kesuksesan tersebut.

Padahal, jika kamu memilih lebih fokus pada proses daripada hasil, kamu akan mendapatkan banyak sekali manfaat untuk kehidupanmu yang akan terus berjalan. Berikut ini adalah lima manfaat yang bisa kamu peroleh ketika kamu lebih menghargai proses daripada hasil.

1. Membentuk karakter optimis dan gigih

Milenial sukses
Milenial sukses (Executive Grapevin)

Saat menjalani proses, terkadang kamu tak langsung berhasil dan harus mengalami kegagalan lebih dulu. Jika kamu hanya berfokus pada hasil, kamu akan menyerah begitu saja. Namun, jika kamu lebih menghargai proses, kegagalan yang kamu terima malah akan membentuk karaktermu jadi lebih optimis dan gigih. Kamu pun akan menikmati setiap proses yang ada tanpa merasa terbebani atau stres.

2. Mendapatkan pengalaman berharga dan skill baru

Pengalaman baru
Ilustrasi pengalaman baru (Vocall)

Kamu akan mendapatkan banyak sekali pengalaman berharga saat kamu sedang menjalani proses. Pengalaman tersebut bisa datang dari mana saja, bahkan dari hal-hal kecil. Dengan menghargai pengalaman yang ada, kamu bisa banyak belajar bahkan menemukan skill baru. Skill tersebut juga yang akan memberi manfaat untuk langkahmu selanjutnya.

3. Lebih terbuka dan fleksibel pada target keberhasilan

Menghargai proses
Menghargai proses (Positiveroutine)

Jika kamu hanya memikirkan hasil, kamu akan terpaku pada rencana yang kamu buat sebelumnya. Saat rencana tidak berjalan sesuai dengan harapan, kamu pun akan merasa gagal dan tak mau bangkit lagi. Padahal, saat kamu sedang berproses, kamu bisa saja menemukan peluang lain diluar rencanamu yang lebih menjanjikan.

4. Hasil yang diperoleh jauh lebih baik dari harapan

Menggapai hasil
Menggapai hasil (Goldstone partners)

Biasanya, seseorang yang lebih mengutamakan proses akan mendapatkan hasil yang jauh lebih baik dari harapan. Sebab, ia sangat gigih dalam menghadapi jatuh bangun dari sebuah proses. Saat jatuh, ia akan menemukan celah yang bisa digunakan agar bisa bangkit lagi, sehingga hasil akan lebih maksimal.

5. Kamu tak akan berhenti, meski target telah tercapai

Menggapai sukses
Menggapai sukses (Weddingsbee)

Jika kamu memiliki target untuk berhasil mendapatkan sebuah rumah, saat kamu telah berhasil memperolehnya, kamu akan berhenti begitu saja. Sebab, fokus utamamu hanyalah hasil, kamu tidak menemukan motivasi lain untuk terus berusaha.

Namun, jika fokus utamamu adalah proses, meskipun kamu sudah berhasil menggapai target yang kamu impikan, kamu akan terus menemukan target-target lain karena kamu sangat menikmati proses yang kamu jalani.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Dinno Baskoro
Dita Rana
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer
JOIN US
JOIN US