The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kumpulan Doa untuk Kedua Orang Tua Beserta Latin dan Artinya
Ilustrasi membaca doa untuk orang tua (photo/pexels/@abdghat)
Life

Kumpulan Doa untuk Kedua Orang Tua Beserta Latin dan Artinya

Senin, 18 Oktober 2021 18:15 WIB 18 Oktober 2021, 18:15 WIB

INDOZONE.ID - Kasih sayang orang tua kepada anaknya tak ada habis-habisnya. Mereka rela mengorbankan apapun demi anak-anaknya.

Oleh karena itu sudah seharusnya seorang anak mendoakan orang tua. Doa untuk orang tua juga menjadi salah satu wujud bakti pada mereka.

Berdoa untuk kedua orang tua juga menjadi kunci meraih kesuksesan. Karena sejatinya rida Allah SWT terletak pada rida orang tua.

Allah sangat menganjurkan umat-Nya untuk memuliakan kedua orang tua agar hidup menjadi berkah. Hal tersebut sesuai dengan surat Al Israa ayat 23 berikut ini:

Wa qadaa Rabbuka allaa ta'buduuu illaaa iyyaahu wa bilwaalidaini ihsaanaa, immaa yablughanna 'indakal kibara ahaduhumaaa aw kilaahumaa falaa taqul lahumaaa uffinw wa laa tanharhumaa wa qullahumaa qawlan kariimaa.

Artinya: "Dan Allah telah memerintahkan agar kamu tidak menyembah selain Allah dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Sekiranya salah satu di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka janganlah sekali-kali kamu mengatakan kepada orang tuamu perkataan "ah" dan janganlah kamu membentaknya, dan ucapkanlah kepada kedua orang tuamu perkataan yang sopan."

Doa untuk orang tua yang masih hidup

doa untuk kedua orang tua
Ilustrasi orang tua yang masih hidup (photo/pexels/@longkg2000)

Bersyukurlah jika kedua orang tua kamu masih hidup, karena sesungguhnya merekalah ladang pahala bagimu selama di dunia. Maka dari itu, sudah seharusnya kamu memanjatkan doa untuk kedua orang tua berikut ini:

Allahummaghfirlii waliwaalidayya warham humma kamaa rabbayaa nii shaghiiraa.

Artinya: "Ya Allah, ampunilah semua dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, sayangilah mereka berdua seperti mereka menyayangi diriku di waktu aku kecil."

Doa untuk orang tua yang sedang sakit

Doa Untuk Orang Tua

Ilustrasi orang tua yang sedang sakit (photo/unsplash/@cdc)

Kalau orang tuamu sedang sakit, kamu sebaiknya mendampinginya dan mendoakannya lebih banyak agar diberikan kesembuhan. Doa untuk orang tua yang sedang sakit berikut ini bisa kamu panjatkan:

Allahumma rabbannaasi adzhibil ba'sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama.

Artinya: "Ya Allah Rabb manusia, hilangkanlah penyakit dan berikanlah dia kesembuhan. Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain."

Doa untuk orang tua yang sakit parah

Doa Untuk Orang Tua

Ilustrasi orang tua yang sakit parah (photo/pexels/vidalbalielojr)

Usia orang tua yang semakin lanjut membuat mereka lebih rentan terkena penyakit. Inilah doa untuk orang tua yang sakit parah yang bisa kamu panjatkan agar orang tuamu segera pulih:

Allahumma ahyini maa kaa natil khayatu khoirolli, watawaf fanni adza kaanat wafaatu khirolli. 

Artinya: "Ya Allah, hidupkanlah dia apabila itu lebih baik baginya. Dan cabutlah nyawanya apabila kematian itu lebih baik baginya."

Doa untuk orang tua yang sudah meninggal

Doa Untuk Orang Tua

Ilustrasi orang tua yang sudah meninggal (photo/antaranews)

Walaupun orang tuamu sudah meninggal, bukan berarti kamu melupakannya begitu saja. Doakanlah mereka agar Allah SWT melapangkan jalan mereka di akhirat. Adapun bacaan doa untuk orang tua yang sudah meninggal yakni sebagai berikut:

Allahummaghfir lahu warhamhu wa 'afihi aa'fu 'anhu wa akrim nuzulahu wa wassi' madkhalahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khathaa ya kamaa yunaqqats-tsawbul abyadhu minad danas. Wa abdilhu daaran khairan min daarihii wa ahlan khairan min ahlihii wa zawjan khairan min zawjihi, wa adkhilhul jannata wa a 'idzhu min 'adzaabil qobri wa fitnatihi wa min 'adzaabin naar.

Artinya: "Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah kedua orangtuaku. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, bersihkanlah kedua orangtuaku dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah kedua orangtuaku dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran.

Dan gantilah tempat tinggalnya dengan tempat tinggal yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya juga. Masukkanlah kedua orangtuaku ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka."


Itulah beberapa doa untuk kedua orang tua sesuai dengan keadaan masing-masing. Semoga orang tua kita selalu dilindungi oleh Allah SWT.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Indriyana

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US