The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Dapat Komplain dari Pelanggan? Begini Cara Mengatasinya Secara Profesional
Ilustrasi hadapi komplain pelanggan (Freepik/user12150432)
Life

Dapat Komplain dari Pelanggan? Begini Cara Mengatasinya Secara Profesional

Jangan terbawa emosi.

Selasa, 05 Januari 2021 15:21 WIB 05 Januari 2021, 15:21 WIB

INDOZONE.ID - Saat bekerja di sebuah perusahaan penyedia barang atau jasa, kamu tentu pernah mendapatkan komplain atau keluhan dari pelanggan. Biasanya hal ini terjadi ketika pelanggan tidak bisa mendapatkan hal-hal yang diharapkan atau diinginkan. Sehingga, kamu perlu mendengarkan dan mencari solusi untuk memenuhi harapan tersebut.

Dilansir dari trainingmag.com, tak semua pelanggan mau menyampaikan keluhannya pada perusahaan. Sebab, mereka lebih memilih untuk menyampaikan pengalaman buruk yang dialami pada orang lain. Hal ini tentu saja dapat berakibat fatal bagi perusahaan karena reputasi perusahaan jadi menurun.

Baca Juga: Pria Ini Diminta Bersihkan Kolam Ikan, Setelah Bersih Malah Dipecat, Ini Sebabnya

Demi mengatasi hal tersebut, perusahaan perlu menangani setiap komplain atau keluhan dari pelanggan secara maksimal. Sehingga, reputasi perusahaan yang beredar di masyarakat jadi seimbang. Kamu mungkin akan menghadapi komplain yang dilakukan secara baik dan tulus.

Namun, tak menutup kemungkinan pelanggan melakukan komplain dengan cara tidak menyenangkan. Berikut adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya secara profesional. Bagaimana caranya?

Pertama, hadapi pelanggan dengan sikap yang tenang. Kamu harus menyadari bahwa sejak awal komplain tersebut ditujukan untuk perusahaan, bukan untuk dirimu secara personal. Jadi, kamu harus mengendalikan emosi dengan baik dan tak perlu merasa tersinggung agar tetap profesional.

Selanjutnya, kamu perlu mendengarkan keluhan dari pelanggan, meskipun keluhan tersebut disampaikan dengan cara yang tidak menyenangkan. Kamu bisa merespon keluhan dengan reaksi-reaksi sederhana terlebih dahulu hingga pelanggan merasa tenang dan didengarkan.

Setelah itu, kamu harus menjelaskan pada pelanggan kalau kamu mengerti dan memahami keluhan tersebut. Lalu, ajukan pertanyaan satu per satu untuk mencari fakta yang sebenarnya agar kamu bisa memahami situasi secara jelas dan detail. 

Jika perusahaan memang berbuat salah, kamu harus langsung mengakui kesalahan tersebut dan meminta maaf. Jangan, lupa beritahu pelanggan apa saja yang akan kamu lakukan untuk bisa menyelesaikan masalah tersebut. Nah, semoga membantu!

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Fiddy Anggriawan
Dita Rana
Dita Rana
Community Writer
JOIN US
JOIN US