The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

3 Kegiatan Ini Ternyata Penyebab Kualitas Tidur Menjadi Buruk, Jangan Lakukan!
Ilustrasi seseorang dengan kualitas tidur yang buruk (Pixabay/AndreyPopov)
Life

3 Kegiatan Ini Ternyata Penyebab Kualitas Tidur Menjadi Buruk, Jangan Lakukan!

Senin, 24 Januari 2022 20:55 WIB 24 Januari 2022, 20:55 WIB

INDOZONE.ID - Ada begitu banyak hal yang menyebabkan kualitas tidur seseorang menjadi buruk. Salah satunya berkaitan dengan kegiatan yang dilakukan sebelum tidur.

Mengutip dari NCBI, kegiatan-kegiatan berikut ini dapat membuat kualitas tidur menjadi buruk. Padahal kualitas tidur yang buruk dapat mengganggu pencernaan, gula darah, memperburuk suasana hati sehingga menyebabkan sering merasa lapar dan sakit kepala.

Dalam kondisi yang lebih parah malah bisa menyebabkan peradangan yang mempengaruhi kesehatan usus dan meningkatkan risiko penyakit jantung, depresi, diabetes tipe 2, hingga alzheimer (penurunan daya ingat).

Nah apa sajakah kegiatan yang sebaiknya tidak dilakukan itu? Berikut ulasannya.

Baca juga: 5 Rutinitas Pagi Orang Sukses yang Sebaiknya Kamu Tiru

1. Makan sesaat sebelum tidur

Makan malam (Pixabay/Drazen Zigic)
Makan malam (Pixabay/Drazen Zigic)

Penelitian menunjukkan bahwa makan pada larut malam dapat memperlambat pencernaan dan metabolisme yang menyebabkan gangguan tidur, refluks asam hingga penambahan berat badan.

Oleh sebab itu, makanlah setidaknya 3-4 jam sebelum tidur dan makanlah makanan ringan sebagai makan malam dengan protein, lemak, dan serat yang cukup.

2. Main gadget

 insomnia (Pixabay/PeopleImages)
Ilustrasi insomnia (Pixabay/PeopleImages)

Bermain gadget sebelum tidur sudah pasti berdampak pada kualitas tidur. Dalam penggunaan gadget sebelum tidur, paparan cahaya biru mengacaukan tidur karena menghalangi hormon yang disebut "melatonin" yang bertanggung jawab untuk membuatmu mengantuk.

Selain itu, cahaya biru pada gadget juga turut mempengaruhi siklus bangun tidur. Inilah mengapa sebaiknya kamu untuk tidak menggunakan gadget atau perangkat elektronik apapun (ponsel, laptop, TV) 1 jam sebelum tidur. Jika kamu bekerja lembur, gunakan kacamata pemblokiran cahaya biru dengan warna kuning atau cokelat.

3. Latihan fisik

olahraga (Pixabay/– ID 5132824)
Ilustrasi olahraga (Pixabay/– ID 5132824)

Latihan fisik dapat merangsang sistem saraf dengan melepaskan adrenalin sehingga membuat suhu tubuh menjadi lebih tinggi. Kondisi ini sangat tidak baik sebab dapat menunda tidur.

Oleh sebab itu sebaiknya kamu menghindari olahraga berat setidaknya 1-2 jam sebelum tidur. Jika tetap ingin berolahraga juga, pilihlah jalan santai atau yoga saja. 
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Anisa Rizwani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US