The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Gempar Bonsai Ingin Ditukar Honda Jazz Terbaru, Pemiliknya Menolak! Kenapa?
Bonsai yang hendak ditukar dengan Honda Jazz (Pramita Kusumaningrum/Z Creators)
Life

Gempar Bonsai Ingin Ditukar Honda Jazz Terbaru, Pemiliknya Menolak! Kenapa?

Rabu, 27 Juli 2022 21:23 WIB 27 Juli 2022, 21:23 WIB

INDOZONE.ID - Bonsai jenis serut pada pameran bonsai di Kabupaten Ponorogo ditawar setara harga mobil Honda Jazz RS. Jika dirupiahkan mencapai Rp300 juta. Namun, pemilik pohon kerdil itu enggan melepasnya. Kenapa? 

Pohon tersebut terpampang di depan kantor pemerintah Kabupaten Ponorogo tepatnya di sisi utara lokasi ‘Grebeg Bonsai’. Enggak sendiri, ada 571 pohon bonsai lain yang juga ditampilkan dalam event tersebut.

bonsai ditukar mobil
Bonsai yang ditawar seharga mobil Honda Jazz Terbaru (Pramita Kusumaningrum/Z Creators)

Saat Tim Z Creators, Pramita Kusumaningrum ke lokasi, bonsai yang ditawar Rp300 juta-an memang dipajang sendiri di depan. Jenisnya adalah serut. 

Daun yang ada di pohon bonsai itu hanya beberapa helai saja. Cenderung kelihatan kering. Namun bonsai tersebut sudah puluhan tahun tumbuh. 

"Yang ini ditawar seharga mobil Honda Jazz RS yang baru, belum boleh (dijual). Itu kan Rp300 juta-an. Milik warga Desa Karanglo," ujar salah satu pecinta Bonsai, Bambang, Rabu (27/7/2022).

Menurut Bambang, yang menawar bonsai seharga mobil adalah kolektor asal Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Alasan pertama karena suka dengan bonsai serut. Alasan kedua karena sangat menghargai proses pembuatan pohon bonsai. 

bonsai ditukar mobil
Bonsai Korea yang ditawar Rp250 juta (Pramita Kusumaningrum/Z Creators)

Bambang menambahkan ternyata bukan cuma bonsai serut saja yang ditawar. Ada juga bonsai beringin elegan atau bonsai Korea yang ditawar dengan harga Rp250 juta. 

Juga, kata dia, ada beberapa bonsai lain yang sudah terjual juta-an hingga puluhan juta Rupiah, beberapa diantaranya berupa bakal bonsai. 

"Usia membentuk karakter pohon. Pohonnya sudah lama ranting cabang, dll. Daunnya elegan. Biar nyambung enggak kelihatan. Bonsai itu kalau itu dibikin dadakan tetep kelihatan prosesnya lama," urai Bambang.

grebeg bonsaio
Bonsai yang dipajang dalam 'Grebeg Bonsai' (Pramita Kusumaningrum/Z Creators)

Panitia Grebeg Bonsai, Rudi Sugiarto mengatakan bahwa dalam acara ini ada 572 bonsai yang ditampilkan. Semuanya berasal dari 10 kota, jadi enggak hanya dari Kabupaten Ponorogo saja. Ada yang dari Semarang, Solo, Sragen, Kediri, Pacitan, Tulungagung hingga Lampung.

Sementara yang dilombakan ada 3 kelas. Kelas jadi, semi jadi dan prospek. 

"Selain dipamerkan juga ada jual beli. Banyak juga transaksi di sini," pungkas Rudi Sugiarto, panitia sekaligus Kepala Desa Tatung, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Pramita Kusumaningrum
Pramita Kusumaningrum

Pramita Kusumaningrum

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US