The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Momen Haru Napi Lapas Teluk Kuantan Bertemu Keluarga Usai 2,5 Tahun Pandemi
Momen haru pertemuan tahanan dan keluarganya (Irwansyah/Z Creators)
Life

Momen Haru Napi Lapas Teluk Kuantan Bertemu Keluarga Usai 2,5 Tahun Pandemi

Rabu, 06 Juli 2022 19:25 WIB 06 Juli 2022, 19:25 WIB

INDOZONE.ID - Rabu (6/7/2022) siang menjadi momen paling dinanti oleh HSM (32), seorang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Teluk Kuantan, Riau. Karena setelah 2,5 tahun lapas tak menerima kunjungan karena pandemi Covid-19, HSM akhirnya kembali bertemu keluarganya.

Tahanan kasus narkoba ini enggak hentinya mengucap syukur kembali bertemu dengan istri dan buah hatinya.

"Hari ini saya dikunjungi istri dan 2 anak saya pak. Alhamdulillah, rindu saya terobati. Bisa memeluk buah hati yang sangat saya sayangi," ungkapnya sambil meneteskan air mata.

kunjungan ke lapas
Momen pertemuan warga binaan dengan keluarga (Irwansyah/Z Creators)

Sejak memperoleh informasi akan dibukanya kembali layanan kunjungan, HSM segera meminta istrinya untuk divaksinasi booster dan vaksin kedua untuk anaknya, sebagai salah satu syarat pengunjung.

lapas teluk kuantan
Layanan kunjungan secara virtual di Lapas Teluk Kuantan (Irwansyah/Z Creators)

Namun, buat WBP yang belum bisa dikunjungi secara langsung, Lapas Teluk Kuantan menyediakan layanan kunjungan secara virtual. WBP dapat secara bergantian menghubungi keluarganya melalui fasilitas percakapan video secara gratis.

Layanan kunjungan merupakan salah satu program pembinaan yang menjadi hak bagi WBP.

"Layanan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat dan ketenangan hidup bagi WBP dalam menjalani hukumannya. Keluarga juga harus tetap mendukung dan memotivasi WBP selama di dalam lapas. Kalau ada waktu, silakan berkunjung agar WBP merasa masih dicintai oleh keluarganya," ucap Bejo, Kepala Lapas Teluk Kuantan.

lapas teluk kuantan
Antrean pengunjung lapas (Irwansyah/Z Creators)

Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Teluk Kuantan sendiri menjadi unit pelaksana teknis pertama yang membuka layanan kunjungan langsung bagi narapidana, atau warga binaan di Provinsi Riau. Pembukaan ini dilakukan setelah kasus Covid-19 melandai di wilayah Lancang Kuning.

Meski demikian, pengunjung harus mengikuti protokol kesehatan ketat, yakni sudah divaksinasi booster untuk dewasa dan kedua untuk anak.

lapas teluk kuantan
Petugas mengawasi warga binaan yang menerima kunjungan (Irwansyah/Z Creators)

Sementara itu untuk menghindari penumpukan dan antisipasi penularan dari pihak luar, maka jadwal kunjungan diatur secara bergiliran. Yakni Senin untuk narapidana dan Rabu untuk tahanan, dengan waktu kunjungan mulai dari pukul 10.00-11.30 WIB.

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Irwansyah
Irwansyah

Irwansyah

Community Writer
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US