The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Psikiater Sebut Tidur Siang Singkat Bisa Bikin Suasana Hati Lebih Baik
Ilustrasi wanita yang sedang tidur siang. (photo/Pexels/Ketut Subiyanto/ilustrasi)
Life

Psikiater Sebut Tidur Siang Singkat Bisa Bikin Suasana Hati Lebih Baik

Selasa, 16 November 2021 00:49 WIB 16 November 2021, 00:49 WIB

INDOZONE.ID - Psikiater Alex Dimitriu, MD menyebutkan, bahwa tidur siang singkat selama 20 hingga 30 menit seringkali bisa menjadi alternatif yang sehat.

Faktanya, tidur sekitar 30 menit dapat membuat suasana hati Anda lebih baik dan meningkatkan daya ingat Anda.

Dikutip dari Insider, Senin (15/11), ia mengatakan, tidur siang dalam waktu singkat juga akan memperbaiki gejala kelelahan seperti lekas marah, motivasi rendah dan mengantuk.

Pada sebuah studi tahun 2016, para peneliti mengamati efek tidur siang pada peserta studi. Hasilnya, mereka yang tidur siang selama 30 menit menunjukkan peningkatan suasana hati, sementara tidur siang 10 menit atau kurang dikaitkan dengan suasana hati yang memburuk.

Sementara itu, tidur siang terlalu lama atau terlalu sore dapat mempersulit Anda untuk mendapatkan tidur berkualitas tinggi di malam hari.

Baca juga: Disdikbud Sebut Ada 2.313 Siswa Putus Sekolah di NTB, Pilih Bekerja Hingga Nikah

Tidur siang di sore hari mungkin bisa mengurangi kelelahan Anda saat, tetapi ini dapat membuat Anda merasa kurang mengantuk dan membuat Anda lebih sulit untuk tertidur pada waktu tidur pada malam hari.

Selain itu, jika Anda tidur siang lebih dari 30 menit, Anda mungkin merasa lebih pusing dan lelah daripada sebelumnya. Inilah yang disebut sleep inertia.

"Ini terjadi karena setelah lebih dari 30 menit, tidur kita menjadi lebih nyenyak, dan setelah itu bisa lebih sulit untuk bangun lagi," kata Dimitriu.

Tidur nyenyak dikenal sebagai tidur gelombang lambat dan mengikuti beberapa menit REM, atau tidur yang lebih ringan.

Jika Anda merasa perlu tidur siang beberapa kali dalam seminggu, Anda mungkin tidak cukup tidur setiap malam.

"Tidur siang harus menjadi pengecualian, bukan aturan, idealnya dengan fokus pada tidur malam yang optimal 7-8 jam," demikian ujar Dimitriu.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
Kana

Kana

Editor
JOIN US
JOIN US