The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bacaan Doa Iftitah Latin Bahasa Indonesia Lengkap dengan Artinya
Ilustrasi membaca doa Iftitah (photo/unsplash/@lllezz)
Life

Bacaan Doa Iftitah Latin Bahasa Indonesia Lengkap dengan Artinya

Kamis, 18 November 2021 21:36 WIB 18 November 2021, 21:36 WIB

INDOZONE.ID - Ketika melaksanakan salat, Nabi Muhammad SAW menganjurkan umat Muslim untuk membaca doa, salah satunya yaitu doa iftitah.

Secara harfiah, kata iftitah bermakna pembukaan, sehingga dibaca antara takbiratul ihram dan taawuz serta sebelum membaca surat Al Fatihah.

Hukum membaca doa iftitah adalah sunah, yang akan mendapatkan pahala namun jika tidak dibaca pun tidak menimbulkan dosa.

Selain mendapatkan pahala, melafalkan bacaan doa iftitah juga akan mendapatkan keutamaan berupa ampunan dan dibukakan pintu-pintu langit.

Doa Iftitah Latin

doa iftitah latin
Ilustrasi membaca doa Iftitah (photo/unsplash/@lllezz)

Meski tidak termasuk dalam rukun salat, membaca doa iftitah dapat menyempurnakan salat yang sedang kamu lakukan.

Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan Hakim berikut:

"Salat seseorang tidak sempurna hingga ia bertakbir memuji Allah dan menyanjungnya kemudian membaca bacaan Al Quran yang mudah baginya." (HR. Abu Daud dan Hakim).

Adapun bacaan doa iftitah latin bahasa Indonesia yang benar lengkap dengan artinya adalah sebagai berikut:

Allaahu akbar kabiraa walhamdulillaahi katsiiraa, wa subhaanallaahi bukratan wa'ashiilaa. Innii wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas samaawaati wal ardha haniifan musliman wa maa anaa minal musyrikiin. Inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi rabbil 'aalamiin. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa ana minal muslimiin.

Artinya: "Allah Maha Besar dengan sebesar-besarnya, segala puji bagi Allah. Maha Suci Allah pada waktu pagi dan petang. Sesungguhnya aku hadapkan wajahku kepada Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan dan kepasrahan diri, dan aku bukanlah dari golongan orang-orang yang menyekutukan-Nya.

Sesungguhnya salatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah untuk Allah Tuhan Semesta Alam, yang tiada satupun sekutu bagi-Nya. Dengan yang demikian itulah aku diperintahkan. Dan aku adalah termasuk orang-orang muslim."

Doa Iftitah Muhammadiyah

doa iftitah allahumma baid
Ilustrasi membaca doa Iftitah Muhammadiyah (photo/unsplash/@rachidnl)

Ada beberapa variasi doa Iftitah yang sahih, di antaranya yaitu doa Iftitah Muhammadiyah seperti di bawah ini:

Allahumma ba'id bainiy wa baina khotoyaaya kamaa baa'idta bainalmasyriqi walmaghribi. Allahumma naqqiiniy min khotoyaaya kamaa yunaqqii tsaubul abyadu minnad danasi. Allahummaghsilniyy min khotoyaaya bistalji wal maai wal barodi.

Artinya: "Ya Allah, jauhkan antara aku dan kesalahanku sebagaimana Engkau jauhkan antara timur dan barat. Ya Allah bersihkan (sucikan) dariku kesalahanku sebagaimana Engkau bersihkan (sucikan) baju yang putih dari kotoran. Ya Allah cucilah (bersihkanlah) aku dari kesalahan-kesalahanku dengan salju, air, dan embun."


Demikianlah penjelasan mengenai bacaan doa Iftitah latin bahasa Indonesia yang benar lengkap dengan artinya. Semoga bermanfaat!

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indriyana
Indriyana

Indriyana

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US