The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Universitas Terbaik di Dunia Menurut QS World Ranking 2022
Ilustrasi MIT, universitas terbaik di dunia (getsmarter.com)
Life

5 Universitas Terbaik di Dunia Menurut QS World Ranking 2022

Kampus mana impian kamu?

Kamis, 19 Mei 2022 13:27 WIB 19 Mei 2022, 13:27 WIB

INDOZONE.ID - Memiliki kesempatan untuk masuk dalam universitas terbaik di dunia adalah salah satu hal yang sangat membanggakan. Hal ini karena kampus terbaik tentunya memiliki kualitas yang sangat baik, mulai dari fasilitas kampus, pengajar, metode belajar, hingga prospek kedepannya. 

Tak hanya itu, kamu juga akan mendunia, mengingat bahwa universitas terbaik di dunia sangat umum dikenal oleh warga dunia dan menjadi impian banyak orang untuk masuk ke dalamnya. 

Dilain sisi, bagaimana cara mengetahui bahwa universitas tersebut menjadi yang terbaik di dunia? penyedia layanan, analitik dan wawasan untuk sektor pendidikan tinggi global, QS Quacquarelli Symonds merilis daftar perguruan tinggi terbaik di dunia berdasarkan penilaian QS World University Rankings 2022.

Lalu, apa saja saja daftar universitas terbaik yang ada di dunia? Berikut ini listnya. 

1. Massachusettes Institute of Technology (MIT)

universitas terbaik di dunia
Massachusettes Institute of Technology (MIT) (easyuni.co.id)

Dilansir dari QS World Ranking, Massachusettes Institute of Technology (MIT) menduduki peringkat pertama universitas terbaik di dunia. Kampus ini mendapatkan nilai 100 secara keseluruhan. 

MIT berlokasi di kota Cambridge tepat di sebrang sungai Charles dari distrik Bay, Boston, Amerika Serikat. Universitas ini merupakan kampus yang memiliki misi untuk mendidik siswa dalam sains, teknologi, dan bidang lain. Kampus swasta ini juga memiliki lima departemen utama. 

Kelima departemen tersebut adalah, The Department of Architecture, The Department of Urban Studies + Planning, The Media Laboratory, The Center for Real Estate dan The Program in Art, Culture and Technology. Tak hanya itu, beberapa gelar lain juga ditawarkan oleh kampus ini. 

2. University of Oxford 

universitas terbaik di dunia
University of Oxford (it.linkedin.com)

Dalam QS World Ranking, University of Oxford mendapat nilai 99.5 secara keseluruhan. Universitas tertua di Inggris ini berdiri di Eropa dan telah menjadi universitas terbaik di dunia sejak lama. 

Misi dari kampus ini adalah untuk menciptakan pendidikan terbaik dengan penelitian terkemuka dunia, dan memberikan kontribusi signifikan kepada masyarakat, secara lokal, nasional dan internasional.

Saat ini, University of Oxford menawarkan sekitar 350 jurusan pada seluruh disiplin ilmu. Beberapa jurusan yang populer adalah Anatomy and Physiology, Anthropology, Archaeology, Classics & Ancient History,  English Language & Literature, Geography, Modern Languages, dan Pharmacy & Pharmacology. 

3. Standford University 

universitas terbaik di dunia
Standford University (scpd.stanford.edu)

Universitas terbaik di dunia selanjutnya adalah Standford University. Kampus ini sangat di seluruh penjuru dunia, bahkan beberapa warga Indonesia, salah satunya yang paling terkenal artis Maudy Ayunda mendapat kesempatan untuk bisa menempuh pascasarjana Administrasi Bisnis dan Pendidikan disini. 

Menurut U.S. News & World Report, terdapat tiga jurusan yang paling populer di Stanford Univeristy, yaitu Computer and Information Sciences and Support Services, Multi/Interdisciplinary Studies, dan Engineering. 

4. University of Cambridge 

universitas terbaik di dunia
University of Cambridge (linkedin.com)

Universitas asal Inggris sebelumnya berada di urutan 7. Namun, saat ini University of Cambridge telah masuk dalam urutan keempat universitas terbaik di dunia. Kampus ini mendapatkan total score yaitu 98,7. 

Uniknya, kampus ini tidak terpusat di satu tempat seperti universitas lain. Fasilitas dan gedung-gedung kampus University of Cambridge tersebar di seluruh kota dengan mengoperasikan sebanyak 8 museum dan kebun raya. 

Sejauh ini, University of Cambridge memiliki 31 kampus, dua di antaranya adalah Kampus Murray Edwards dan Kampus Newnham, yang mana hanya menerima mahasiswa perempuan. Universitas ini juga terdiri dari lebih dari 150 departemen, fakultas, sekolah, sindikat, dan lembaga lainnya.

5. Harvard University 

universitas terbaik di dunia
Harvard University (harvard.edu)

Di peringkat terakhir, terdapat Harvard University yang memiliki nilai score 98. Kampus ini sudah tak asing lagi menjadi universitas terbaik di dunia. 

Universitas Harvard terdiri dari Harvard College untuk sarjana, 12 sekolah pascasarjana, sekolah profesional, dan Institut Harvard Radcliffe.

Tak hanya itu, kampus yang berlokasi di Cambridge, Massachusetts ini juga menawarkan 50 jurusan sarjana, 134 gelar pascasarjana, dan 32 gelar profesional.

Itulah daftar universitas terbaik di dunia yang bisa kamu ketahui. Banyak dari warga dunia mengimpikan untuk bisa masuk dalam universitas di atas. 

Tak hanya karena fasilitas dan segala kualiatasnya. Tetapi, universitas-universitas di atas juga telah melahirkan banyak lulusan ternama yang memiliki beberapa perusahaan ternama di dunia. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ikhsan
Ainal Zahra Nabila
JOIN US
JOIN US