The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Berusaha Tak Membandingkan, Cara Ampuh untuk Atasi Rasa Rendah Diri
Ilustrasi perempuan. (Pexels/Pixabay)
Life

Berusaha Tak Membandingkan, Cara Ampuh untuk Atasi Rasa Rendah Diri

Agar tenang.

Selasa, 11 Agustus 2020 22:04 WIB 11 Agustus 2020, 22:04 WIB

INDOZONE.ID - Ketika seseorang dihadapkan pada kenyataan bahwa dirinya selalu tak lebih baik dari orang lain, maka saat itulah ketenangan diri seolah menjauh dari dalam hidupnya.

Tak ada lagi rasa bangga pada kemampuan dan segala pencapaian positif yang pernah diraih. Sebab, semua itu akan tertutup oleh rasa rendah diri yang diciptakan sendiri.

Jika kamu sedang berada pada posisi tersebut, cobalah untuk tak melakukannya lagi. Penting untuk memahami kalau setiap orang dilahirkan berbeda yang tentu saja memiliki keunikan, kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, tak ada alasan bagimu untuk menilai dirimu buruk hanya karena kamu melihat orang lain lebih baik darimu.

Lalu, bagaimana caranya agar kamu bisa menikmati hidup dan menjalaninya dengan lebih bahagia tanpa selalu diikuti rasa rendah diri? Kamu perlu membuang jauh-jauh sikapmu yang selalu membandingkan dirimu dengan orang lain. Sebab jika hal tersebut terus-menerus dilakukan, tidak ada lagi rasa syukur yang tertanam dalam dirimu.

Berusaha Tak Membandingkan, Cara Ampuh untuk Atasi Rasa Rendah Diri
Ilustrasi perempuan percaya diri. (Pexels/Andrea Piacquadio)

Usahakan untuk tak membandingkan dirimu dengan orang lain yang terlihat lebih tampan, cantik, menarik, memiliki banyak kekayaan, cerdas, mempunyai keluarga yang utuh dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu pun akan berubah menjadi seseorang yang selalu menyalahkan keadaan bahkan orang lain. Kamu akan menarik diri dari pergaulan karena menganggap orang lain akan memandangmu buruk.

Padahal itu semua hanya dalam pikiranmu saja. Kamulah yang menciptakan batasan tersebut. Jika orang lain memperlakukanmu dengan buruk, itu terjadi karena kamu yang memilih untuk melakukannya terlebih dahulu pada dirimu.

Oleh karena itu, berhentilah berbuat tak adil pada dirimu sendiri. Perbanyaklah bersyukur atas apa yang sudah kamu raih. Dan kurangi sikap selalu membandingkan dirimu dengan orang lain agar kamu mendapatkan ketenangan dalam diri.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Utami Evi Riyani
Dita Rana
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US