The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Finlandia Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia 4 Tahun Berturut-turut
Fenomena Aurora Borealis terjadi di atas Arctic Snowhotel di Rovaniemi, Finlandia. (REUTERS/Alexander Kuznetsov)
Life

Finlandia Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia 4 Tahun Berturut-turut

Laporan PBB.

Senin, 22 Maret 2021 14:40 WIB 22 Maret 2021, 14:40 WIB

INDOZONE.ID - Lagi-lagi Finlandia dinobatkan sebagai negara paling bahagia di dunia oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Tahun ini adalah kali keempat Finlandia menjadi negara paling bahagia dalam empat tahun terakhir.

Berdasarkan laporan World Happiness Report, Finlandia berada di urutan pertama diikuti oleh Denmark, Swiss, Islandia, dan Belanda. Satu-satunya negara di luar Eropa yang berada di 10 besar negara paling bahagia adalah Selandia Baru.

Sedangkan Inggris yang tahun lalu berada di urutan ke-13 turun ke urutan 17 seperti dilansir dari BBC, Senin (22/3/2021).

Survei dilakukan dengan responden dari 149 negara dengan menilai kebahagiaan mereka sendiri, juga dukungan sosial, kebebasan pribadi, produk domestik bruto (PDB), dan tingkat korupsi.

Dalam laporan ini, Indonesia berada di urutan ke-82 sebagai negara paling bahagia di dunia. Peringkat Indonesia berada di atas Tiongkok yang menempati posisi 84.

"Anehnya, secara rata-rata, tidak terdapat penurunan kesejahteraan saat pengukuran dilakukan dengan evaluasi yang ada. Salah satu penjelasan yang paling masuk akal adalah orang-orang melihat Covid-19 sebagai sesuatu yang biasa, bukan sebagai ancaman dari luar yang dapat mempengaruhinya. Sebaliknya, justru Covid-19 dapat membentuk rasa solidaritas," kata salah satu penulis laporan, John Helliwell, dikutip dari BBC.

BACA JUGA: Daftar Negara Paling Bahagia di Dunia, Indonesia Peringkat ke-82

Laporan itu juga mengungkap negara paling tidak bahagia di dunia, yaitu Afghanistan, Lesotho, Botswana, Rwanda, dan Zimbabwe.

Berikut adalah daftar negara paling bahagia menurut laporan PBB:

1. Finlandia
2. Denmark
3. Swiss
4. Islandia
5. Belanda
6. Norwegia
7. Swedia
8. Luksemburg
9. Selandia Baru
10. Austria.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Utami Evi Riyani
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US