The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Nasihat Ridwan Kamil yang Ditanamkan Eril Semasa Hidup Ini Bikin Terharu
Ridwan Kamil bersama anak dan ibunya. (Instagram/@emmerilkahn)
Life

Nasihat Ridwan Kamil yang Ditanamkan Eril Semasa Hidup Ini Bikin Terharu

Jumat, 24 Juni 2022 19:50 WIB 24 Juni 2022, 19:50 WIB

INDOZONE.ID - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil kembali mengenang sosok putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz atau akrab disapa Eril. Ia membagikan potongan video saat Eril mengungkapkan motto hidupnya.

Dalam video tersebut, Eril mengatakan bahwa ia selalu menanamkan "your greatest enemy is your self" yaitu musuh terbesarmu adalah dirimu sendiri.

Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa apa yang dikatakan tersebut merupakan nasihat yang selalu ia sampaikan kepada anak-anaknya. Nasihat tersebut dimaksudkan agar Eril dan Zara mau berjuang melawan sisi buruk sifat manusia.

"Itu 1 dari 2 nasihat paling sering saya obrolkan kepada Eril dan Zara agar mereka setiap hari mau berjuang melawan sisi-sisi buruk sifat manusia," ungkap Ridwan Kamil melalui Instagram-nya, dikutip pada Jumat (24/6/2022).

Adapun sifat negatif yang dimaksud seperti kesombongan, keserakahan, kepelitan, kesia-siaan dan gaya hidup penuh kemudharatan.

Ridwan Kamil sendiri tidak menyangka bahwa nasihatnya dijadikan filosofi utama Eril dalam menjalani hidup. Bahkan Eril selama ini ternyata menuliskan nasihat itu besar-besar di buku dan meja belajarnya.

"Ini juga nasehat buat saya sendiri dan kita semua,bahwa musuh terbesar kita adalah kita sendiri. Sisi buruk kita harus selalu bisa dikalahkan oleh sisi baik kita," sambung Ridwan Kamil.

Selain itu, nasihat kedua Ridwan Kamil kepada Eril yang lain yaitu bahwa manusia yang paling mulia adalah manusia yang paling bermanfaat bagi masyarakat.

Unggahan Ridwan Kamil itu pun berhasil membuat netizen terharu dan kagum.

"Ini juga harus dilihat dan dicermati oleh setiap orang tua terhadap anaknya ,misalnya ketika si anak jatuh jangan salahkan batu atau meminta si anak untuk memukul batu nya , karena itu akan menimbulkan si anak yang nantinya akan menyalahkan orang disekitar atau bahkan arogan," kata viarahma00.

"Mantap jiwa pak semoga bisa diteladani oleh semua orang termasuk diri saya," kata shilanj.

"Pernyataan sederhana namun memiliki makna yang mendalam. Sungguh luar biasa filosofi nya alm. Kang Eril," kata muhammad_ivan_08.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
Dina
Dina

Dina

Writer
JOIN US
JOIN US