The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Trik Pintar Berbelanja di Tengah Pandemi Corona
Ilustrasi berbelanja di tengah pandemi corona. (Pexels/Anna Shvets)
Life

Trik Pintar Berbelanja di Tengah Pandemi Corona

Begini caranya.

Selasa, 07 April 2020 15:55 WIB 07 April 2020, 15:55 WIB

INDOZONE.ID - Melakukan aktivitas berbelanja di tengah pandemi corona atau Covid-19 bukanlah hal yang mudah. Kebijakan physical distancing membuat masyarakat harus menjaga jarak antara satu dengan lainnya.

Hal tersebut sangat penting dilakukan demi penekanan penyebaran virus corona. Meski begitu, kamu nggak perlu khawatir untuk memenuhi kebutuhan pokok.

"Masyarakat tetap bisa melakukan aktivitas untuk membeli keperluan hidup sepperti bahan makanan dan minuman. Namun sebaiknya bijak dalam berperilaku, yakni rasional saat berbelanja agra menghindari panic buying," ungkap Wakil Sekjen Ikatan Ahli Kebencanaan Indonesia, Dicky Pelupessy. M.DS., ph.D dalam konferensi pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Selasa (7/4/2020).

Trik Pintar Berbelanja di Tengah Pandemi Corona
Ilustrasi berbelanja di tengah pandemi corona. (Pexels/Anna Shvets)

Melihat antusias masyarakat yang luar biasa di berbagai macam supermarket, membuat kekhawatiran tersendiri. Oleh sebab itu, upayakan agar menjaga jarak aman saat berbelanja.

Kamu juga bisa menghindari jam-jam ramai, pilihlah waktu yang tepat untuk menghindari kerumunan pengunjung.

"Saat berbelanja kamu juga sebaiknya mematuhi semua peraturan yang diberikan pihak supermarket. Mulai dari pengecekan suhu, penggunaan hand sanitizer dan mencuci tangan usai berbelanja," tambahnya.

Dosen di Faultas Psikologi Universitas Indonesia ini juga menambahkan agar masyarakat bisa memilah barang mana yang menjadi kebutuhan terpenting. Buatlah daftar belanja untuk menghindari kemungkinan belanja yang berlebihan.

"Membuat catatan sebelum berbelanja juga bisa menjadi alternatif belanja cerdas dan cepat. Kamu nggak perlu lagi berpikir mau beli apa, tinggal lihat catatan. ambil, bayar dan pulang," Tutupnya.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Desika Pemita
Yulia Marianti
Syarifah Noer Aulia

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US