The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Bukan Sekedar Suvenir, Ternyata Boneka Rusia Ini Lambang Kesuburan Wanita, Ini Kisahnya!
Boneka Matryoshka asal Rusia, simbol kesuburan wanita. (Elisa Oktaviana/Z Creators)
Life

Bukan Sekedar Suvenir, Ternyata Boneka Rusia Ini Lambang Kesuburan Wanita, Ini Kisahnya!

Senin, 08 Agustus 2022 17:01 WIB 08 Agustus 2022, 17:01 WIB

INDOZONE.ID - Ada satu suvenir khas yang selalu jadi buruan travelers kalau ke Rusia yaitu Matryoshka! Boneka bersarang ini diciptakan tahun 1890-an, oleh seniman bernama Sergey Malyutin. 

Ia terinspirasi mainan kayu jepang, yang dilihatnya di sebuah perkebunan. Malyutin lantas merancang serangkaian sketsa boneka versi Rusia. 

Dalam sketsa Malyutin, boneka terbesar adalah seorang gadis petani sederhana, mengenakan pakaian tradisional Rusia, sambil memegang ayam jantan hitam. 

boneka matryoshka
Boneka Matryoshka asal Rusia, simbol kesuburan wanita. (Elisa Oktaviana/Z Creators)

Boneka yang lebih kecil menggambarkan anggota keluarga lainnya, baik laki-laki maupun perempuan. Masing-masing memegang sesuatu. Malyutin meminta perajin kayu, Vasilii Zvyozdochkin untuk membuat satu set boneka, berisi 8 karakter. 

Satu set boneka kayu pertama diberi nama Matryona, yang mewakili citra wanita Rusia yang kuat, tenang dan perhatian. Tapi, nama Matryona dianggap terlalu serius untuk mainan anak-anak, sehingga namanya diubah menjadi Matryoshka.

boneka matryoshka
Boneka Matryoshka tercipta pada 1890. (Elisa Oktaviana/Z Creators)

Boneka bersarang ini melambangkan nilai-nilai tradisional masyarakat Rusia. Seperti menghormati orang tua, hubungan kekeluargaan yang erat, kesuburan, dan sifat keibuan. 

Matryoshka berasal dari kata Latin "mater" yang berarti "ibu". Bentuk boneka berperut besar menggambarkan sosok kuat seorang ibu dan perannya sebagai ‘fondasi’ rumah. Ibu memainkan peran besar dalam keluarga tradisional Rusia. 

matryoshka
Suvenir bertema Matryoshka. (Elisa Oktaviana/Z Creators)

Tahun 1900, Matryoshka diperkenalkan dalam World’s Fair di Paris, Prancis. Engga lama kemudian, boneka unik ini populer dan mulai diproduksi massal. Peminatnya datang dari dalam negeri dan berbagai negara. 

Seiring waktu, fitur fisik boneka Matryoshka juga berevolusi. Karakternya engga hanya wanita petani berpakaian tradisional. Tapi bisa pemimpin negara, politisi, keluarga kerajaan, selebriti, hewan, pemandangan alam bahkan tokoh kartun. 

matryoshka
Mainan anak bertema Matryoshka. (Elisa Oktaviana/Z Creators)

Tapi, Matryoshka klasik yang mencerminkan wanita petani sederhana tetap paling diminati. Selain dalam bentuk boneka kayu, karakter Matryoshka juga banyak ditemukan pada suvenir Rusia lain. Seperti gantungan kunci, taplak meja, hiasan dinding dan magnet kulkas. 

Artikel menarik lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators
TAG
Yayan Supriyanto
Elisa Oktaviana
Elisa Oktaviana

Elisa Oktaviana

Community Writer
JOIN US
JOIN US