The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jangan Salah! Bunga Mawar Ternyata Punya Makna Berbeda-beda di Setiap Warnanya
Bunga mawar merah. (Z Creators/Hasan Syamsuri)
Life

Jangan Salah! Bunga Mawar Ternyata Punya Makna Berbeda-beda di Setiap Warnanya

Jumat, 09 Desember 2022 14:55 WIB 09 Desember 2022, 14:55 WIB

INDOZONE.ID - Warna pada bunga mawar ternyata ada maknanya. Pemberian makna ini disebut dengan floriografi yaitu bentuk komunikasi simbol menggunakan bunga yang dirangkai. 

Rangkaian bunga diberikan sebagai alat komunikasi pada penerimanya, sehingga pemberi bunga bisa mengekspresikan perasaan yang sulit diungkapkan.

Floriografi sudah ada sejak beberapa abad lalu dan banyak digunakan di Eropa, Afrika, dan Asia. Makna setiap warna pada bunga mawar memang bisa berbeda antara satu negara dengan negara lainnya. 

Nah, ingin tahu makna dari warna-warni bunga mawar? Berikut penjelasannya!

1. Mawar Merah

mawar merah
Bunga mawar merah. (Z Creators/Hasan Syamsuri)

Menyatakan cinta pada seseorang itu mudah kok. Kamu bisa memberinya bunga mawar merah yang bermakna “aku cinta kamu.” Selain cinta, mawar merah juga bermakna gairah, hasrat, kekaguman dan romantisme. Dalam sebuah pernikahan, warna ini melambangkan kebahagiaan dan saling menghargai.

2. Mawah Merah Muda

mawar
Mawar merah muda. (Z Creators/Hasan Syamsuri)

Mawar merah muda sering menjadi lambang feminisme, kelembutan, keanggunan, dan perilaku yang manis. Selain itu, mawar ini juga bisa menyampaikan rasa kegembiraan, kebahagiaan, dan tanda terima kasih. Bunga warna ini pas untuk diberikan kepada saudara perempuan, ibu, atau teman dekat.

3. Mawar Putih

mawar putih
Bunga mawar putih. (Z Creators/Hasan Syamsuri)

Mawar putih sering dipakai sebagai lambang kesucian, kemurnian, ketulusan, kepolosan, dan awal yang baru. Itulah mengapa, ada yang menyebutnya bunga pengantin karena pernikahan menandakan awal dari cinta abadi. Jadi, saat memulai hubungan baru dengan seseorang, baiknya mawar ini yang diberikan.

4. Mawang Kuning

mawar kuning
Bunga mawar kuning. (Z Creators/Hasan Syamsuri)

Di abad ke-19, mawar kuning melambangkan kecemburuan, ketidaksetiaan, dan perselingkuhan. Tapi di zaman modern, khususnya di Indonesia, warna kuning jadi lambang persahabatan. Jadi, kalau ingin mengucapkan “kamu adalah sahabat terbaikku,” kamu bisa memberikan bunga ini.

5. Mawar Oranye

mawar oranye
Bunga mawar oranye. (Z Creators/Hasan Syamsuri)

Warna oranye melambangkan sesuatu yang energik, penuh antusias, dan bergairah. Warna oranye sendiri merupakan perpaduan antara merah yang berarti cinta dan kuning yang berarti persahabatan. Jadi, bunga ini cocok nih buat diberikan ke sahabat jika sudah muncul perasaan cinta.

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Yayan Supriyanto
Hasan Syamsuri
Hasan Syamsuri
Community Writer
TERKAIT DENGAN INI
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US