The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tips Jitu Agar Tetap Tenang di Tengah Kesibukan
Ilustrasi/pexels.com
Life

Tips Jitu Agar Tetap Tenang di Tengah Kesibukan

Apapun kesibukanmu, jangan lupa tersenyum!

Jumat, 02 Agustus 2019 16:35 WIB 02 Agustus 2019, 16:35 WIB

INDOZONE.ID - Aktivitas yang super sibuk kerap kali menghantui keseharian kita. Sulit sekali mencari waktu untuk menenangkan diri di tengah kesibukan. 

Meskipun kamu sangat sibuk, jangan sampai kesibukan tersebut merenggut kamu dalam menikmati kehidupan. Memiliki hati dan pikiran yang tenang merupakan salah satu cara yang bisa digunakan supaya manusia bisa menikmati dengan kehidupan sebagaimana mestinya sehingga tidak akan merasa putus asa, hilang harapan, kecewa, takut, cemas dan lainnya.

Pikiran dan hati memang dua bagian yang berbeda namun keduanya harus bersinergi supaya tubuh bisa menjadi lebih sehat bukan hanya fisik saja namun juga dari dalam jiwanya. 

Berikut ini ada beberapa cara menenangkan hati dan pikiran di tengah kesibukan :

1. Delegasikan tugas

Pada beberapa keadaan, kita memang gak bisa memaksakan diri untuk melakukan semuanya sendiri. Kita memerlukan orang lain untuk bisa berbagi tugas dan mendapatkan waktu luang untuk bersantai. Jika tidak bisa mendelegasikan pekerjaan di kantor, mungkin kamu bisa mengurangi pekerjaan di rumah dengan menyewa jasa asisten rumah tangga.

2. Berani menjawab “tidak” untuk ajakan yang tidak pas

Selalu menjawab “iya” pada semua tawaran atau ajakan terkadang malah membuat kita terjebak pada kesibukan. Misalnya, sudah lelah karena pekerjaan sendiri hingga lembur, tapi juga mengiyakan permintaan teman yang meminta menyelesaikan pekerjaannya. 

Akhirnya, jadi merasa selalu sibuk. Untuk itu, berani bilang “tidak” pada permintaan atau ajakan perlu dilakukan jika tenaga atau waktu sudah tidak mendukung.

3. Jangan menunda-nunda pekerjaan

Ketika kita sedang sibuk, tugas-tugas kecil pun tampak menakutkan. Tapi, menunda pekerjaan kecil hanya menyebabkan pekerjaan semakin menumpuk dan sulit diselesaikan. 

Sisihkan waktu selama lima menit setiap hari untuk menyelesaikan beberapa tugas kecil agar kita tidak menundanya. Misalnya, menyortir surat, berlari ke bank untuk menyetor cek, atau mencuci piring, sehingga kita tidak kewalahan. Lambat laun,semua pekerjaan akan terasa mudah.

4. Matikan ponsel

Kamu sudah bekerja lebih dari 7 jam di depan komputer, belum lagi harus berhadapan dengan layar smartphone sepanjang hari untuk berkomunikasi. Agar bisa membuat rileks pikiran, coba ambil waktu untuk tidak berhadapan dengan alat elektronik apapun. Alih-alih selalu membuka social media saat istirahat, coba sesekali isi waktu tersebut dengan membaca novel hiburan, jalan-jalan di taman sekitar kantor, atau mengobrol santai dengan rekan kerja.

5. Jangan lupa tertawa

Tertawa bisa meredakan stres. Jangan lupa juga meluangkan waktu dan mencari cara untuk tertawa. Mengobrol hal-hal lucu dengan teman, menonton video kocak di internet, atau memikirkan kenangan lucu yang selalu bisa bikin ketawa.

6. Buat daftar tujuan atau pekerjaan 

Menurut American Psychological Association, salah satu hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk tetap tenang dan fokus saat dilanda kesibukan adalah menuliskan apa yang ingin kita capai. 

Penelitian telah membuktikan, menulis tujuan jangka pendek dan jangka panjang menciptakan perasaan bertanggung jawab, yang berarti besar kemungkinan kita untuk menindaklanjutinya. Menulis daftar pekerjaan juga sangat membantu untuk mengidentifikasi masalah dan memprioritaskan tujuan.

TAG
Indozone
Indozone Media
Astrid

Astrid

Writer
Indozone Media

Indozone Life

Reporter
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US