Ketika Uang Hilang dari Dunia, Apa yang akan Terjadi?
ilustrasi/unsplash
Life

Ketika Uang Hilang dari Dunia, Apa yang akan Terjadi?

Jumat, 29 November 2019 12:24 WIB 29 November 2019, 12:24 WIB

INDOZONE.ID - Seperti yang kita tau bahwa uang memegang peranan penting dalam setiap kehidupan manusia. Lembaran kertas bernilai tukar ini digunakan sebagai alat transaksi jual beli dan alat pemenuhan kebutuhan lainnya.

Karena perannya yang sangat penting, uang sering kali menjadi aspek pertama bagi sebagian orang dalam menjalankan kehidupan. Bahkan ada sebuah peribahasa yang mengatakan "Uang memang bukan segalanya, tapi segalanya membutuhkan uang".

Artinya, segala aspek kehidupan yang dijalankan oleh seorang individu harus membutuhkan uang. Baik itu untuk makan, beraktivitas, bekerja dan banyak hal lainnya. Lantas bagaimana jadinya bila uang hilang dari seluruh dunia?

Hilangnya uang dari peredaran tentu akan mengubah gaya hidup seseorang. Dilansir dari Brightside, berikut ini aspek kehidupan yang akan berubah jika uang hilang dari dunia.

1. Angka perceraian berkurang

cerai
ilustrasi/unsplash

Sebuah survei menunjukkan bahwa penyebab terbesar percerian ialah masalah ekonomi atau uang. Permasalahan uang dalam rumah tangga kerap kali menjadi biang keributan. Namun, ketika uang hilang dari peredaran, pasangan suami istri dijamin akan lebih bahagia menjalani bahtera rumah tangganya.

2. Matrealistis yang berkurang

matre
ilustrasi/pexels

Kehadiran uang dapat mengubah gaya hidup seseorang jadi matrealistis. Orang tersebut bahkan percaya bahwa matrealistis sama dengan mencintai uang. Biasanya, mereka akan membeli barang-barang yang sebenarnya tak dibutuhkan untuk menghabiskan uang yang didapatkannya. Namun, saat uang hilang dari dunia, maka gaya hidup matrealistis secara tak langsung akan berkurang.

3. Kembalinya sistem barter

barter
moneycrashers

Ketika uang hilang dari peredaran di dunia, maka transaksi jual beli akan kembali lagi seperti zaman dahulu, yaitu barter. Sistem ini akan membuat dua orang bertukar barang dengan jumlah nilai yang sama. Namun, penerapan sistem ini membuat keduanya tidak pernah tahu berapa sebenarnya nilai jual dari barang yang dimilikinya.

4. Hilangnya korupsi dan eksploitasi manusia

korupsi
Live Mint

Saat uang hilang dari peredaran, sudah dapat dipastikan korupsi dan eksploitasi manusia berkurang. Orang yang ingin memiliki kekayaan berlimpah, tak akan bisa lagi melakukan korupsi dan bertindak sesuka hati pada orang lain.

5. Terhentinya belanja online

belanja
ilustrasi/pexels

Uang yang hilang dari peredaran akan membuat kebiasaan belanja online berkurang bahkan terhenti. Orang-orang akan lebih mementingkan aspek kehidupan lainnya daripada hanya berbelanja online. Ini juga menyebabkan orang tak bisa lagi memperdagangkan barang secara online.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Putri
Putri

Putri

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU