The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

 5 Tips Diet Aman saat Puasa, Ibadah Tetap Lancar dan Langsing saat Lebaran!
Ilustrasi diet saat Ramadhan (Unsplash/CharlieAJA)
Life

5 Tips Diet Aman saat Puasa, Ibadah Tetap Lancar dan Langsing saat Lebaran!

Atur pola makan.

Sabtu, 02 April 2022 18:46 WIB 02 April 2022, 18:46 WIB

INDOZONE.ID - Bulan Ramadhan punya makna tersendiri bagi setiap muslim. Ada yang fokus menjadikan bulan suci sebagai ladang pahala dan ada juga yang ingin beribadah sekaligus mengatur ulang pola hidupnya. 
 
Pasalnya Ramadhan dinilai menjadi waktu terbaik untuk menetapkan tujuan kebugaran pribadi. Saat Ramadhan kebiasaan baru dimulai, sehingga bisa jadi waktu yang paling tepat untuk melakukan diet.

Baca juga: 5 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Sholat Tarawih, Salah Satunya Gak Perlu Bawa Ponsel 
Meski begitu kamu tidak bisa memulai diet saat Ramadhan tanpa mengetahui ilmunya. Sebab jika dilakukan dengan cara yang salah, tubuhmu malah bisa kekurangan banyak energi.
 
Nah agar diet saat Ramadhan aman dan berhasil berikut tipsnya yang dirangkum Indozone dari Live Health, Sabtu (2/4/2022). 

1. Jangan lewatkan sahur

Ilustrasi sahur (Unsplash/Canberk Sezer)
Ilustrasi maknan sahur (Unsplash/Canberk Sezer)

Jangan berpikir bahwa melewatkan sahur bisa membuat kamu lebih cepat menurunkan berat badan. Sahur justru akan membantu kebutuhan energi yang cukup buat proses dietmu. 
 
Namun kamu harus memperhatikan menu sahur. Di antaranya hindari sumber karbohidrat sederhana yang tidak akan memberikan energi jangka panjang.
 
Sebagai alternatif, pilihlah sumber karbohidrat kompleks yang dikombinasikan dengan lemak dan protein sehat serta buah-buahan dan sayuran.

2. Tetap terhidrasi

Ilustrasi minum air (Unsplash/PeopleImages)
Ilustrasi minum air (Unsplash/PeopleImages)

Air memiliki fungsi yang sangat penting dan banyak manfaat bagi kesehatan. Itu mengapa saat kekurangan air (dehidrasi) suasana hati akan memburuk, lebih cepat lelah dan tidak fokus .
 
Sebaliknya jika terus terhidrasi selama puasa, nafsu makan akan berkurang dan kamu pun bisa menahan lapar. Nah untuk menjaga hidrasi saat berpuasa, manfaatkan waktu sahur dan berbuka untuk memenuhi asupan air yang disarankan.
 
Saat berbuka, awali dengan minum banyak air putih. Ini berguna untuk meningkatkan perasaan kenyang dan mencegah kamu makan berlebihan.
 
Selain itu , cobalah untuk makan makanan dengan kandungan air yang tinggi, seperti semangka, melon, stroberi, blewah, atau kelapa muda tanpa gula.
 
Hindari minuman manis, seperti teh manis atau es buah karena akan membuat kamu kurang puas dan tinggi akan kandungan gula yang bisa menyebabkan kamu gagal diet.
 

3. Perhatikan porsi makan

Ilustrasi berbuka puasa (Unsplash/CharlieAJA)
Ilustrasi berbuka puasa (Unsplash/CharlieAJA)

Saat bulan Ramadhan, ada banyak sekali pilihan makanan lezat yang ditawarkan untuk berbuka puasa. Ini tentu saja sangat menggugah selera, terlebih karena banyak makanan yang hanya bisa ditemukan di bulan Ramadhan.
 
Namun, kamu perlu selalu berusaha untuk memperhatikan porsi makan agar tidak  gagal diet. Ingat puasa Ramadhan bukanlah acara satu hari, melainkan sebulan penuh. Jadi, tidak pantas jika kamu merayakannya dengan makanan berlebihan setiap hari. 
 
Sebaiknya, batalkan puasa dengan buah-buahan. Gula alami dari buah akan membuat tubuh mengidentifikasi bahwa kamu sudah makan. Nantinya, kamu tidak akan merasa kelaparan, dan cenderung tidak makan berlebihan.

4. Minum suplemen jika perlu

Ilustrasi minum vitamin (Unsplash/MStudioImages)
Ilustrasi minum vitamin (Unsplash/MStudioImages)

Saat puasa, kamu punya periode makan yang singkat. Itu artinya hanya ada sedikit waktu untuk memasukkan makronutrien yang dibutuhkan tubuh.
 
Nah, salah satu makronutrien yang penting untuk menurunkan berat badan dan menjaga massa otot selama berpuasa adalah protein. Karena itu kamu perlu suplemen tambahan untuk mencukupinya.
 
Kamu bisa mengonsumsi kasein berkualitas tinggi saat sahur. Kasein ini dapat memberikan pelepasan protein secara perlahan untuk memastikan tidak ada kehilangan otot, sekaligus meningkatkan sistem pencernaan, meskipun kamu tidak makan selama seharian.
 

5. Tentukan olahraga yang tepat

Ilustrasi olahraga (Unsplash/staticnak1983)
Ilustrasi olahraga (Unsplash/staticnak1983)

Puasa Ramadhan bukan alasan untuk bermalas-malasan. Kamu tetap perlu olahraga untuk membantu mencapai tujuanmu.
 
Sayangnya tidak ada pilihan olahraga yang cocok untuk semua orang. Jadi, sangat penting untuk menemukan apa yang paling cocok untukmu.
 
Kamu bisa mulai dengan latihan ringan yang dilakukan sesaat setelah salat subuh. Atau mungkin  bersepeda menjelang waktu berbuka agar tubuh bisa segera mendapat asupan energi setelahnya. 
 
Pilihan lainnya adalah olahraga pada malam hari setelah berbuka. Yang terpenting, kamu bisa menentukan latihan mana yang paling cocok untukmu dan kamu bisa menjalaninya dengan konsisten.
 
Itulah beberapa cara atau tips diet saat puasa Ramadhan yang bisa kamu lakukan. Meskipun bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk diet, tapi tetap niatkan puasa Ramadhan untuk ibadah agar lebih afdal, sedangkan keberhasilan diet adalah bonus.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Anisa Rizwani
JOIN US
JOIN US