The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jarang Disadari, 'Toxic Parenting' Bikin Anak Kurang Percaya Diri
Ilustrasi ibu marahi anak. (Quickanddirtytips)
Life

Jarang Disadari, 'Toxic Parenting' Bikin Anak Kurang Percaya Diri

Penakut dan tidak percaya diri.

Rabu, 06 Juli 2022 20:41 WIB 06 Juli 2022, 20:41 WIB

INDOZONE.ID - Pola asuh yang salah menjadi salah satu penyebab anak kurang percaya diri saat dewasa. Pola asuh yang salah ini biasa disebut dengan istilah toxic parenting.

Menurut Ketua Program Studi Terapan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI), Dr. Rose Mini Agoes Salim, toxic parenting juga bisa membuat hubungan anak menjadi renggang.

Renggangnya hubungan tersebut disebabkan sifat orangtua yang agresif, menekan dan seolah paling mengerti atas anaknya.

Namun, hal itu justru membuat anak jadi cemas, takut dan tidak percaya diri karena khawatir akan membuat kesalahan saat melakukan sebuah tindakan.

Baca juga: Tips Parenting Anak di Era Modern Bagi Orang Tua Masa Kini

"Toxic parenting itu seperti orangtua yang lebih banyak memberikan tekanan kepada anak agar mau mengikuti apa yang diinginkan atau apa yang dikatakannya. Karena menurut mereka (orangtua) itu yang paling baik menentukan untuk anaknya," kata Rose Mini, dikutip dari Antara, Rabu (6/7/2022).

Rose Mini menambahkan, anak yang mengalami toxic parenting bisa menjadi pribadi yang penakut. Anak tersebut juga tidak megetahui bahwa mereka memiliki potensi yang tersimpan dalam dirinya.

Ketika sang anak dewasa, hal itu akan berdampak pada ketidakmampuan untuk bertanggung jawab terhadap apa yang dipilih atau ditekuni, karena terbiasa diarahkan dan diatur secara agresif oleh orangtua.

Setiap anak menyimpan bakat yang bisa terbentuk secara alami maupun dibentuk oleh lingkungan. Karena itu, ia berharap agar para orangtua bisa memberikan ruang kepada anak untuk mengekspresikan diri.

Meski demikian, bukan berarti orangtua harus selalu menuruti kemauan anak. Sebab, itu juga bisa memberikan dampak buruk pada perkembangan anak.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Dina
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
Dina

Dina

Writer
JOIN US
JOIN US