The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pernikahan Unik di Ponorogo: Pengantin Mengibarkan Bendera Merah Putih, Nasionalis Banget!
Pernikahan unik di Ponorogo (Z Creators/Pramita Kusumaningrum)
Life

Pernikahan Unik di Ponorogo: Pengantin Mengibarkan Bendera Merah Putih, Nasionalis Banget!

Selasa, 25 Oktober 2022 10:25 WIB 25 Oktober 2022, 10:25 WIB

INDOZONE.ID - Pernikahan menjadi sebuah hari yang sakral bagi pasangan kekasih untuk melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius. Itulah mengapa, hari pernikahan biasanya dirayakan dan dilakukan dengan tradisi atau adat tertentu.

Di Desa Ngadirojo, Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo, ada pernikahan unik yang dilakukan oleh pasangan Alexsanders Saputra (25) dan Helmi Ria Astuti (25). Sebelum mengikat janji suci, pasangan ini diarak keliling kampung.

pengantin unik
Pengiring pengantin pakai kostum ala santri (Z Creators/Pramita Kusumaningrum)

Menampilkan raut bahagia, keduanya diarak bersama keluarga dan beberapa warga yang ikut serta. Uniknya, para pengiring pengantin terlihat mengenakan pakaian ala santri. Pengiring laki-laki mengenakan baju koko dan sarung, sedangkan pengiring perempuan mengenakan baju muslim.

pernikahan unik
Prosesi pernikahan unik, pengantin bawa bendera (Z Creators/Pramita Kusumaningrum)

Tidak hanya itu, para pengiring dan pengantin juga membawa bendera Sang Merah Putih. Setelah diarak keliling kampung, mereka menggelar upacara lalu melakukan doa bersama untuk keselamatan Kabupaten Ponorogo dari musibah yang menerjang Bumi reog ini.

"Nuansanya masih Hari Santri. Pengantinnya diarak keliling kampung. Pengiringnya juga berpakaian ala santri," kata Kepala Urusan Agama (KUA) Sooko, Meky Hasan Tachruddin.

Ia juga mengatakan bahwa memang ada pesan yang ingin disampaikan melalui perayaan pernikahan yang unik ini. Selain untuk memperingati Hari Santri Nasional, mereka juga ingin mendoakan keselamatan bagi masyarakat Kabupaten Ponorogo.

ijab kabul
Prosesi ijab kabul (Z Creators/Pramita Kusumaningrum)

Sebab, dalam beberapa waktu terakhir, Kabupaten Ponorogo kerap dilanda bencana. Mulai dari banjir yang menggenang di beberapa kecamatan, tanah longsor yang menyebabkan ratusan warga terisolir, serta terakhir bencana tanah gerak yang terjadi di Kecamatan Sawoo dan Kecamatan Ngebel yang menyebabkan ratusan warga harus meninggalkan rumah untuk mengungsi.

Artikel menarik lainnya:

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

Z Creators
Z Creators

TAG
Rini Puspita
Pramita Kusumaningrum
Pramita Kusumaningrum
Community Writer
ARTIKEL LAINNYA
LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US