The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ini Tanda Seseorang Memiliki Kecerdasan Emosional yang Baik
Ilustrasi kecerdasan emosional. (Freepik).
Life

Ini Tanda Seseorang Memiliki Kecerdasan Emosional yang Baik

Apa sajakah?

Jumat, 16 Oktober 2020 16:41 WIB 16 Oktober 2020, 16:41 WIB

INDOZONE.ID - Kecerdasan bukan hanya tentang intelektual, namun juga tentang emosional. Hanya sedikit orang yang punya kecerdasan emosional dan terjebak dengan pola pikir dan ego yang salah. Hal ini tentu saja akan menurunkan kualitas seseorang jika ia hanya memiliki kecerdasan intelektual, tanpa adanya kecerdasan emosional.

Jika disuruh memilih antara orang pintar yang berbicara dengan cara meninggikan suara dan merendahkan orang lain, atau orang biasa-biasa saja yang berbicara dengan tenang saat membahas ilmu-ilmu yang hanya ia pahami, mungkin kamu akan lebih memilih orang biasa-biasa saja untuk didekati. Bukan karena minder dengan kepintaran orang pertama, tapi seseorang cenderung lebih mudah dekat dengan orang lain secara emosional.

Bukan hanya mampu menjaga perasaan orang lain, berikut ini adalah tanda lain dari seorang pemilik kecerdasan emosional yang baik.

1. Bisa mengelola emosi dengan baik

Seperti namanya, orang yang cerdas secara emosional mampu mengatasi emosinya dengan sangat baik. Bukan berarti ia tak punya emosi, tapi ia tahu bagaimana cara menyampaikan emosinya dengan tepat sasaran. Ia hanya merasa berteriak untuk menandakan dirinya sedang marah bukanlah hal yang perlu dilakukan.

2. Sangat menghargai pendapat orang lain

Orang dengan ego tinggi biasanya tak ingin ada orang lain yang membantah pendapatnya atau terlihat lebih baik dari dirinya. Sebaliknya, orang dengan kecerdasan emosional akan tetap tenang meski ia tahu kalau dirinya benar. Jika ia sudah menyampaikan pendapat dan langsung ditolak, ia tak akan memaksakan pendapatnya atau mengajak orang tersebut berdebat hingga argumennya menang.

3. Cenderung enggan berbicara

Orang dengan kecerdasan emosional lebih suka mendengarkan orang lain berbicara dan cepat menyerap pembicaraan tersebut, namun sering merasa kesulitan untuk menanggapinya. Hal ini disebabkan oleh sifat terlalu hati-hati dan lebih suka berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak. Selain itu, mengamati, melihat, dan mendengarkan orang lain dianggap hal yang menyenangkan bagi mereka.

4. Mampu menempatkan diri dengan sangat baik

Kepekaan yang dimiliki oleh para pemilih kecerdasan emosional membuat mereka mampu menempatkan diri dengan sangat baik. Saat berada di dekatnya atau berbicara dengannya, kamu bisa merasa lebih dihargai dan didengarkan. Sehingga orang-orang yang berada didekatnya akan merasa aman dan nyaman.

Nah, apakah kamu sudah memiliki kecerdasan emosional yang baik dalam menjalankan keseharianmu?

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Susi Fatimah
M Fadli
Dita Rana
M Fadli

M Fadli

Writer
Dita Rana

Dita Rana

Community Writer
JOIN US
JOIN US