Sebagai Masyarakat Global, Ini Pentingnya Berjejaring
Ilustrasi berjejaring (Pexels/mentatdgt)
Life

Sebagai Masyarakat Global, Ini Pentingnya Berjejaring

Belajar satu sama lain

Senin, 14 Oktober 2019 14:35 WIB 14 Oktober 2019, 14:35 WIB

INDOZONE.ID - Jaringan dan belajar bagaimana membangun jaringan adalah bagian penting dari karir kamu. Penting juga mempelajari cara menjalankan bisnis dan membutuhkan keterampilan komunikasi yang efektif untuk mempertahankan hubungan dengan orang yang kamu temui. 

Networking adalah jaringan dalam arti sebenarnya adalah tentang orang-orang yang membentuk koneksi yang saling menguntungkan satu sama lain. "Jaring" sendiri berarti kita bisa "bekerja" untuk satu sama lain dan saling mendukung tujuan masing-masing. 

Di wilayah perkotaan, sering kali kita menilai bahwa "apa untungnya bagi saya untuk mengenal mereka?" Kita juga cenderung bergerak cepat dan sulit untuk "menjaring" kenalan. 

Namun, sekarang kita hidup dalam masyarakat global, ada banyak jaringan di luar sana yang bisa membuat kita belajar satu sama lain. 

Jaringan tersebut bisa didapatkan dari media sosial seperti LinkedIn, Facebook, Twitter, atau instagram sekalipun. 

Kamu juga bisa berjejaring dari sebuah acara misalnya sebuah festival di kotamu. Kamu bisa bertemu dengan orang lain yang memiliki ketertarikan yang sama.

Bisa juga berkenalan di tempat random seperti kafe, coworking space, taman, kereta api, dan dalam perjalanan berangkat atau pulang kerja. 

Dapatkan jaringan dengan cara berikut: 

1. Kenal satu sama lain

Ilustrasi kenalan
Ilustrasi kenalan (Pexels/mentatdgt)

Berjejaring bukan hanya membicarakan tentang pekerjaan ataupun hubungan kerjasama. Kamu bisa membicarakan hal lain yang tidak berkaitan dengan proyek pekerjaan. 

Bisa mulai dengan mengenal kepribadian satu sama lain, membangun kepercayaan, minat, dan lainnya. Saat sudah mengenal satu sama lain, suatu hari nanti bukan tidak mungkin kalian akan kerjasama di proyek lainnya. 

2. Jauhi lingkungan formal 

mengobrol
Ilustrasi 'mengobrol' (Pexels/Anastasiya Gepp)

Hal yang perlu diingat adalah bahwa keputusan bisnis utama umumnya tidak dibuat dengan duduk di meja formal. Keputusan terjadi saat sedang 'bersantai,' di 'lapangan golf,' atau saat sedang makan malam. 

Sekitar 96 persen gerakan profesional berada di luar lingkungan kerja formal. 

3. Lakukan interaksi dengan intens tetapi santai. 

interaksi
Ilustrasi interaksi (Pexels/Jopwell)

Tidak mudah untuk menentukan 'deal' proyek kerja sama, mungkin kamu bisa ambil waktu sejenak untuk berinisiatif mengatur pertemuan makan siang atau melakukan suatu kegiatan, sambil mengobrol untuk bertukar ide sehingga 'persiapannya' lebih matang. 

Sebuah interaksi sekecil apapun penting untuk bisnis kamu. Interaksi tersebut untuk memupuk sinergi antara kamu dan jaringan kamu, untuk mencapai bisnis bersama.

4. Tanamkan rasa ingin tahu 

Ilustrasi sebuah ide
Ilustrasi sebuah ide (Pexels/Pixabay) 

Pupuk rasa ingin tahu kamu terhadap orang lain. Saat kamu bertemu dengan seseorang bisa interaksi dan saling bertukar kontak. Kemudian, kamu bisa mengatur waktu untuk bertemu atau makan siang sambil membahas kolaborasi potensial. 

Terapkan 'rasa ingin tahu,' saat mengobrol dan bertukar ide. Berjejaring penting untuk terus membangun hubungan dengan orang-orang, siapapun itu. 

Karena, pada dasarnya, manusia merupakan makhluk yang saling bergantung, kita akan selalu membutuhkan berbagai keterampilan, kemampuan, dan pengalaman dari banyak orang. 

Melalui sebuah hubungan, jaringan bisa berkembang. Mengenal dari satu teman ke teman lain pun bisa membangun sebuah jaringan baru. 

TAG
Indozone
Indozone Media
Bela

Bela

Writer
Indozone Media

Indozone Life

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU