Sebagai Masyarakat Global, Ini Pentingnya Berjejaring

- Senin, 14 Oktober 2019 | 14:35 WIB
Ilustrasi berjejaring (Pexels/mentatdgt)
Ilustrasi berjejaring (Pexels/mentatdgt)

Jaringan dan belajar bagaimana membangun jaringan adalah bagian penting dari karir kamu. Penting juga mempelajari cara menjalankan bisnis dan membutuhkan keterampilan komunikasi yang efektif untuk mempertahankan hubungan dengan orang yang kamu temui. 

Networking adalah jaringan dalam arti sebenarnya adalah tentang orang-orang yang membentuk koneksi yang saling menguntungkan satu sama lain. "Jaring" sendiri berarti kita bisa "bekerja" untuk satu sama lain dan saling mendukung tujuan masing-masing. 

Di wilayah perkotaan, sering kali kita menilai bahwa "apa untungnya bagi saya untuk mengenal mereka?" Kita juga cenderung bergerak cepat dan sulit untuk "menjaring" kenalan. 

Namun, sekarang kita hidup dalam masyarakat global, ada banyak jaringan di luar sana yang bisa membuat kita belajar satu sama lain. 

Jaringan tersebut bisa didapatkan dari media sosial seperti LinkedIn, Facebook, Twitter, atau instagram sekalipun. 

Kamu juga bisa berjejaring dari sebuah acara misalnya sebuah festival di kotamu. Kamu bisa bertemu dengan orang lain yang memiliki ketertarikan yang sama.

Bisa juga berkenalan di tempat random seperti kafe, coworking space, taman, kereta api, dan dalam perjalanan berangkat atau pulang kerja. 

Dapatkan jaringan dengan cara berikut: 

1. Kenal satu sama lain

-
Ilustrasi kenalan (Pexels/mentatdgt)

Berjejaring bukan hanya membicarakan tentang pekerjaan ataupun hubungan kerjasama. Kamu bisa membicarakan hal lain yang tidak berkaitan dengan proyek pekerjaan. 

Bisa mulai dengan mengenal kepribadian satu sama lain, membangun kepercayaan, minat, dan lainnya. Saat sudah mengenal satu sama lain, suatu hari nanti bukan tidak mungkin kalian akan kerjasama di proyek lainnya. 

2. Jauhi lingkungan formal 

-
Ilustrasi 'mengobrol' (Pexels/Anastasiya Gepp)

Hal yang perlu diingat adalah bahwa keputusan bisnis utama umumnya tidak dibuat dengan duduk di meja formal. Keputusan terjadi saat sedang 'bersantai,' di 'lapangan golf,' atau saat sedang makan malam. 

Sekitar 96 persen gerakan profesional berada di luar lingkungan kerja formal. 

3. Lakukan interaksi dengan intens tetapi santai. 

-
Ilustrasi interaksi (Pexels/Jopwell)

Tidak mudah untuk menentukan 'deal' proyek kerja sama, mungkin kamu bisa ambil waktu sejenak untuk berinisiatif mengatur pertemuan makan siang atau melakukan suatu kegiatan, sambil mengobrol untuk bertukar ide sehingga 'persiapannya' lebih matang. 

Sebuah interaksi sekecil apapun penting untuk bisnis kamu. Interaksi tersebut untuk memupuk sinergi antara kamu dan jaringan kamu, untuk mencapai bisnis bersama.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

3 Ayat Alkitab Tentang Masa Depan

Selasa, 16 April 2024 | 17:00 WIB
X