Bagi kamu para jobseeker (pencari kerja), tentu sudah tak asing dengan istilah resume. Yap, benar banget!
Selain Curriculum Vitae (CV), resume merupakan dokumen yang sering diminta oleh pihak perekrut perusahaan sebagai syarat melamar kerja.
Pada umumnya, perusahaan meminta kandidat pencari kerja untuk melampirkan resume agar perusahaan tahu seperti apa tujuan karier si pelamar.
Langkah Membuat Resume Lamaran Kerja
Lalu, bagaimana langkah membuat resume lamaran kerja yang baik agar pihak perusahaan tertarik?
Untuk lebih tahu, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!
1. Siapkan Data Pribadi Lengkap
Langkah pertama membuat resume lamaran kerja yaitu mempersiapkan data pribadi selengkap-lengkapnya.
Data-data tersebut meliputi informasi seputar pengalaman organisasi, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, hingga pencapaian yang pernah diraih.
Setelah semua data terkumpul, kamu pun akan lebih mudah menulis dekskripsi resume dari data tersebut.
Jangan lupa, cantumkan seluruh kontak detail, seperti nomor ponsel/WhatsApp dan alamat e-mail formal.
2. Sesuaikan Isi Resume dengan Jenis Pekerjaan
Perlu diingat, isi resume bersifat fleksibel, sehingga data pada resume dapat diubah sewaktu-waktu sesuai dengan pekerjaan yang dilamar.
Isi resume pun tidak harus dipaparkan secara kronologis. Karena, resume lebih menekankan terhadap pencapaian tertentu dari seseorang.
Lebih tepatnya, resume sebagai 'alat pemasaran' pada kekuatan diri orang tersebut.