The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Berapa Uang yang Didapatkan Musisi Setiap Kali Lagunya Diputar di Apple Music?
Tampilan lagu yang sedang diputar di aplikasi Apple Music (photo/Unsplash/Giorgio Trovato)
Tech

Berapa Uang yang Didapatkan Musisi Setiap Kali Lagunya Diputar di Apple Music?

Minggu, 18 April 2021 13:46 WIB 18 April 2021, 13:46 WIB

INDOZONE.ID - Di era seperti ini, layanan berlangganan memang banyak sekali dipilih lantaran murah dan pengguna hanya perlu membayar biaya langganan per bulan untuk mendapatkan akses penuh. Salah satu layanan langganan yang populer adalah streaming musik.

Bicara tentang streaming musik, baru-baru ini Apple telah mengungkap berapa uang yang mereka bayar kepada para musisi, artis, atau label setiap kali lagu miliknya diputar di platform Apple Music.

Dikutip dari Wall Street Journal, diketahui bahwa pemilik lagu akan mendapatkan komisi sebesar 0,01 US$ atau setara dengan Rp150 setiap kali lagunya diputar. Pasti kalian menganggap nilai ini kecil kan?

Namun ternyata bayaran yang diberikan oleh Apple masih dua kali lipat lebih banyak jika dibandingkan dengan Spotify yang hanya membayar 1/3 atau 1/2 dari yang diberikan oleh Apple Music.

Jadi misalkan ada seorang artis atau musisi yang mendapatkan 2 juta pendengar dalam 1 bulan, maka mereka akan mendapatkan komisi sebesar Rp300 juta per bulan untuk lagu yang didistribusikan.

Biasanya metode seperti ini disebut sebagai Pay Per Stream dimana pihak layanan seperti Apple ataupun Spotify melihat performa dan tarif per stream sebuah lagu untuk menentukan berapa besar uang yang akan mereka berikan kepada artis, musisi, atau label.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Ferry Andika
JOIN US
JOIN US