The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ilmuwan Ciptakan Aplikasi untuk Membantu Mengatasi Fobia Manusia terhadap Laba-laba
Aplikasi yang membantu untuk melawan Phobia terhadap laba-laba. (Photo/Gadget.com)
Tech

Ilmuwan Ciptakan Aplikasi untuk Membantu Mengatasi Fobia Manusia terhadap Laba-laba

Senin, 27 September 2021 19:37 WIB 27 September 2021, 19:37 WIB

INDOZONE.ID - Peneliti dari University of Basel di Swiss dikabarkan telah menciptakan sebuah aplikasi yang mencoba untuk mengurangi rasa takut laba-laba pada manusia.

Dilansir dari situs universitas tersebut, aplikasi itu dijuluki Phobys yang dianggap sangat cocok untuk mereka yang menderita ketakutan ringan dan tidak signifikan secara klinis terhadap laba-laba, yang juga dikenal sebagai arachnofobia.

Aplikasi tersebut didasarkan pada terapi paparan di mana pasien dipandu melalui paparan terapeutik terhadap situasi yang mereka takuti untuk membantu mereka menghilangkan rasa takut.

aplikasi
(Photo/Gadget.com)

Namun, aplikasi itu mencoba melakukannya menggunakan model laba-laba 3D yang diproyeksikan ke dunia nyata menggunakan AR atau Augmented Reality.

Baca juga: Momen Indah Fulham FC Merayakan Kemenangan Bersama Penggemar yang Menderita Cerebral Palsy

Penggunaan berulang aplikasi diharapkan dapat mengurangi ketakutan subjektif dalam situasi laba-laba kehidupan nyata, menawarkan pengobatan yang hemat biaya untuk rasa takut laba-laba.

aplikasi
(Photo/Gadget.com)

Aplikasi ini memiliki sepuluh level, dan setiap level akan membuat orang yang menderita arachnofobia merasa lebih nyaman. Di akhir setiap level, peserta diminta untuk menilai rasa takut dan jijik mereka.

Berdasarkan penelitian tersebut, aplikasi memutuskan apakah pengguna harus melanjutkan ke level berikutnya atau mencoba level sebelumnya sekali lagi.

Aplikasi ini memiliki level gratis yang memungkinkan pengguna menguji apakah mereka takut laba-laba secara gratis, sedangkan terapi untuk mengurangi rasa takut ditawarkan sebagai layanan berbayar.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
M. Rio Fani

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US