Zohri Terancam Tak Ikuti Laga Uji Coba Akibat Wabah Virus Korona

- Kamis, 30 Januari 2020 | 00:57 WIB
Sprinter Lalu Muhammad Zohri saat latihan di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Selasa (7/5/2019). (Photo/Antara/Muhammad Adimaja)
Sprinter Lalu Muhammad Zohri saat latihan di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Selasa (7/5/2019). (Photo/Antara/Muhammad Adimaja)

Lalu Muhammad Zohri terancam tidak akan dapat mengikuti laga uji coba di luar negeri sebelum berlaga di Olimpiade 2020 Tokyo karena imbas dari wabah virus korona yang telah menyebar ke beberapa negara.

Pelatih kepala lari jarak pendek Eni Nuraeni mengungkapkan PB PASI belum menemukan turnamen pengganti bagi Zohri.

“Ini karena suasananya begini, ke tempat yang lain belum pasti juga. Virus sudah menyebar kemana-mana. Sepertinya tidak dibolehkan juga keluar (negeri) jadi kita tes internal saja,” ungkap Eni yang dihubungi di Jakarta, Rabu (29/1/2020).

Awalnya, Zohri berencana mengikuti dua kejuaraan atletik indoor yang berlangsung pada Februari dan Maret sebelum tampil di Olimpiade. Kejuaraan itu adalah 9th Asian Indoor Championships pada 12-13 Februari di Hangzhou, kemudian diikuti dengan 2020 World Athletics Indoor Tour di Nanjing, Tiongkok pada 13-15 Maret.

Namun, ajang Asian Indoor Championships itu terpaksa dibatalkan di tengah kekhawatiran munculnya virus korona di Wuhan yang telah menyebar ke beberapa negara.

Sementara itu, untuk World Athletics Indoor Tour di Nanjing, Tiongkok PB PASI masih menunggu kepastian dan pertimbangan dari pihak Federasi Atletik Internasional (IAAF).

PB PASI pun, saat ini masih kebingungan mencarikan kejuaraan lain untuk Zohri. Padahal, laga uji coba tersebut dinilainya sangat penting sebagai ajang melatih mental sebelum turun di Olimpiade nanti.

“Masih butuh (kejuaraan). Kami sedang menggodok mental dia agar tidak grogi ketemu juara-juara dunia itu. Fokus mental dan peningkatan penguatan juga semenjak dia cedera,” kata Eni.

“Rugi juga (tidak ikut kejuaraan) karena jarang ketemu dengan pelari internasional untuk membina mentalnya,” katanya lagi.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X