Kisah Atlet Loncat Indah China, Berjuang Lawan Depresi & Sempat Ingin Pensiun

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 12:01 WIB
Shi Tingmao. (REUTERS/Clodagh Kilcoyne)
Shi Tingmao. (REUTERS/Clodagh Kilcoyne)

Atlet loncat indah China, peraih empat medali emas Olimpiade, Shi Tingmao, mengikuti jejak bintang senam indah Amerika Serikat, Simone Biles, yang menyuarakan tentang kesehatan mental para olahragawan di Olimpiade Tokyo 2020, dengan mengungkapkan perjuangannya melawan depresi.

Shi baru saja meraih medali emas Tokyo untuk nomor papan 3m putri dan berlinang air mata sesudah penampilannya di Tokyo Aquatics Centre. Shi mengungkapkan jika dirinya sempat mempertimbangkan pensiun karena penurunan performanya tahun lalu.

"Saya harus benar-benar menjaga kondisi mental saya dan memastikan saya tidak mengalami depresi," ujar Shi dikutip dari laman AFP, Selasa (3/8).

"Saya telah berkonsultasi dengan seorang psikiater atau psikolog yang sedikit membantu mengatasi beberapa tekanan mental menjadi atlet loncat indah yang kompetitif, berurusan dengan depresi, dan hal-hal semacam itu," sambungnya.

Shi mengaku sempat mencapai titik terendah. Hal itu membuatnya terbesit akan menyerah dalam karirnya di dunia olahraga. Namun, ia menyadari jika kecintaannya dengan loncat indah, membuatnya sadar jika ia tak boleh begitu saja menyerah.

"Jadi untuk mencapai titik ini hari ini tidak mudah," kata Shi.

Shi yang juga memenangi dua medali emas di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 mengungkapkan konflik internal yang harus dihadapinya.

"Ada dua sisi dalam diri saya yang terkait kondisi mental, saya yang benar-benar berjuang dengan satu sama lain," katanya.

"Sebagian dari diriku mengatakan 'Kamu peraih medali emas, kamu bisa istirahat, kamu bisa berhenti'. Bagian lain dari diriku mengatakan 'kamu tidak boleh menyerah, kamu suka loncat indah'," sambungnya.

Shi mengatakan jika dirinya tidak bertemu keluarganya selama 18 bulan akibat dedikasinya menjalani latihan.

"Saya yakin keluarga saya mengkhawatirkan saya, tetapi saya juga berharap, melalui layar, ketika kami bertemu, saya dapat berbicara dengan keluarga saya dan mengatakan bahwa mereka tidak perlu khawatir, semuanya baik-baik saja," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X