Nasib MotoGP setelah Valentino Rossi Pensiun, Bakal Ditinggal Penggemar?

- Jumat, 6 Agustus 2021 | 08:56 WIB
Valentino Rossi memutuskan pensiun dari MotoGP (REUTERS/Pedro Nunes/File Photo)
Valentino Rossi memutuskan pensiun dari MotoGP (REUTERS/Pedro Nunes/File Photo)

Valentino Rossi resmi memutuskan pensiun dari MotoGP setelah 26 tahun karier balapan motor luar biasa yang dilaluinya. Hal tersebut sekaligus menandai berakhirnya era paling ikonik dalam sejarah belapan bergengsi tersebut.

Pembalap Italia yang sangat karismatik dan berbakat ini tidak hanya mendominasi MotoGP pada masa jayanya. tetapi juga membuat jutaan orang di dunia memiliki alasan menyaksikan MotoGP. 

Pensiunnya Rossi tentu bakal mengubah dinamika MotoGP. Terlepas dari siapa yang Anda dukung, tidak mungkin untuk mengabaikan kehadiran Rossi di MotoGP. 

Baca Juga: Valentino Rossi Resmi Umumkan Pensiun MotoGP Akhir Musim 2021

Untuk penggemar biasa, dia adalah satu-satunya pembalap yang mereka tahu dalam balapan. Bahkan helm Rossu hingga t-shirt bertuliskan namanya bisa ditemui di hampir seluruh penjuru dunia. 

Lantas bagaimana nasib MotoGP tanpa The Doctor nantinya? Dilansir dari The Race, kenyataan pahitnya adalah bahwa tidak ada lagi penggemar Rossi yang akan menonton MotoGP.

Meskipun dalam 17 balapan terakhir, The Doctor hanya satu kali finis di 10 besar dan belum sekalipun naik podium sejak balapan kedua tahun 2020, namun magis Rossi membuat banyak orang tetap menonton MotoGP.

MotoGP bahkan pernah mengalami kesulitan besar kala Rossi disebut-sebut akan bergabung dengan Ferrari di Formula 1 (F1) pada 2009 silam.

MotoGP memasuki tahun-tahun yang sangat gelap tak lama setelah tim-tim bangkrut, pabrikan menarik dukungan dan hanya sedikit motor yang ada di grid setiap akhir pekan.

Meski begitu, MotoGP tetap optimistis meski Rossi pensiun saat. Meski The Doctor berperan membuat MotoGP besar, namun kini lahir pembalap-pembalap bintang yang membuat balapan menjadi kompetisi seperti Marc Marquez hingga Fabio Quartararo.

Rossi juga tak sepenuhnya mundur dari MotoGP karena masih ada akademi balapnya yakni Sky Racing Team by VR46 yang melahirkan pembalap seperti Luca Marini.

Tidak hanya warisan yang berkelanjutan untuk Rossi tetapi MotoGP yang dicintainya akan tetap berada di tempat yang sehat. Perjalanan karier yang luar biasa.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X