Mensos Minta agar Orang Miskin Jangan Dipelihara

- Kamis, 30 Januari 2020 | 15:06 WIB
Menteri Sosial Juliari P. Batubara (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
Menteri Sosial Juliari P. Batubara (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Menteri Sosial RI, Juliari P Batubara mengingatkan jajarannya untuk mengubah paradigma dalam melaksanakan program di Kemensos. Dia meminta agar orang miskin tidak dipelihara, tapi disejahterakan.

"Jangan memelihara orang miskin, bantu mereka, bukan hanya mengurangi pengeluarannya tapi juga menjadikan mereka keluarga sejahtera," kata Juliari pada peluncuran Resolusi 2020 Kementerian Sosial di Jakarta, Kamis (30/1/2020).

Untuk itulah, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang graduasi (keluar dari program bansos), bisa langsung mendapatkan fasilitas pinjaman lunak. Sehingga, pemberdayaan sosial tetap berlanjut.

Di tahun 2020 ini, salah satu fokus program kesejahteraan sosial adalah penguatan program pemberdayaan sosial dalam penanggulangan kemiskinan.

"Nanti berapa KPM yang graduasi, berapa yang dapat Kube dan dapat program lain. Ini sudah saya sampaikan ke presiden dan menkeu mereka mendukung penuh," ujarnya.

Kemenkeu sendiri mengapresiasi integrasi keuangan KPM yang berhasil keluar dari program bansos, dengan cara memfasilitasi pemberian pinjaman.

Program bantuan sosial seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) harus terintegrasi dengan program pemberdayaan yang ada di Kemensos seperti Kelompok Usaha Bersama (Kube) dan kewirausahaan sosial lainnya.

"Jadi kita bukan hanya memberikan bantuan uang dan hilang begitu saja. Bisnis model ke depan bagaimana bisa memanfaatkan kewirausahaan sosial," sebut Juliari.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X