Ikut Kecam Siswi Non Islam yang Dipaksa Pakai HIjab, Mahfud MD: Tak Boleh!

- Minggu, 24 Januari 2021 | 14:36 WIB
Mahfud MD. (Photo/Instagram/@mohmahfudmd)
Mahfud MD. (Photo/Instagram/@mohmahfudmd)

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengecam adanya pemaksaan terhadap siswa non Islam yang diharuskan memakai jilbab di sekolah. Menurutnya hal tersebut adalah pelanggaran.

Mahfud MD cerita asal muasal siswi non Islam pakai jilbab di sekolah hingga akhirnya dijadikan sebuah mode. Mahfud MD menyebut pada akhir 1970-an hingga 1980-an, anak-anak sekolah dilarang memakai jilbab.

Kemudian, aturan tersebut diprotes ke Depdikbud. Akhirnya, saat ini aturan memakai jilbab dan busana muslim diperbolehkan. Menurut Mahfud MD, dalam situasi ini tidak boleh membuat siswa non muslim diwajibkan memakai jilbab di sekolah.

Baca juga: Wanita Ini Tusuk Suaminya, Usai Lihat Foto dengan Wanita Lain, Padahal Itu Dirinya Sendiri

"Akhir 1970-an sampai dengan 1980-an anak-anak sekolah dilarang pakai jilbab. Kita protes keras aturan tersebut ke Depdikbud. Setelah sekarang memakai jilbab dan busana muslim dibolehkan dan menjadi mode, tentu kita tak boleh membalik situasi dengan mewajibkan anak non muslim memakai jilbab di sekolah," cuitnya di akun Twitternya @mohmahfudmd, dikutip INDOZONE, Minggu (24/1/2021).

Mahfud MD menceritakan saat terjadi diskriminasi terhadap orang Islam pada tahun 1980-an. Namun, hal itu kini sudah teratasi berkat perjuangan ormas Islam seperti NU dan Muhammadiyah melalui pendidikan. Hingga akhirnya pada awal 1990-an, masjid dan majelis taklim sudah mulai tumbuh di berbagai kantor pemerintah dan kampus.

"Sampai dengan akhir 1980-an di Indonesia terasa ada diskriminasi terhadap orang Islam. Tapi berkat perjuangan yang kuat dari NU, Muhammadiyah, dan lain-lain, terutama melalui pendidikan, demokratisasi menguat. Awal 1990-an berdiri ICMI. Masjid dan majelis taklim tumbuh di berbagai kantor pemerintah dan kampus-kampus," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X