Polisi Duga Kerusuhan Saat Sidang Putusan Habib Rizieq Terkoordinir

- Senin, 30 Agustus 2021 | 18:15 WIB
Ilustrasi massa pendukung Rizieq Shihab pada sidang sebelumnya. (Antara//M Risyal Hidayat) News
Ilustrasi massa pendukung Rizieq Shihab pada sidang sebelumnya. (Antara//M Risyal Hidayat) News

Aksi kericuhan sempat terjadi di sekitaran Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta saat proses sidang putusan banding kasus swab tes RS Ummi dengan terdakwa Habib Rizieq Shihab (HRS). Pihak kepolisian sendiri menduga kerusuhan yang sempat terjadi sudah dikoordinir.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kapolsek Cempaka Putih, Kompol Ade Rosa. Kompol Rosa menyebut pihaknya menduga aksi kericuhan itu sudah terkoordinir.

"Yang pasti kalau menurut perkiraan kami pasti dikoordinir karena gerakan massa seperti itu," kata Kompol Rosa kepada wartawan, Senin (30/8/2021).

Meski begitu, Ade Rosa menyebut situasi terkini di sekitaran PT DKI sudah kondusif. Massa yang membuat kericuhan juga sudah diamankan oleh pihak kepolisian.

Baca Juga: Heran HRS Tetap Divonis 4 Tahun Penjara Kasus RS Ummi Bogor, Refly Harun: Aneh Bin Ajaib

"Alhamdulillah situasinya kondusif, bisa dikendalikan. Untuk situasi sekarang sudah cukup kondusif ya," beber Rosa.

Sekedar informasi, sidang putusan banding kasus penghalang-halangan swab test dengan terdakwa Habib Rizieq Shihab (HRS) berlangsung hari ini di  Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Pengadilan Tinggi DKI Jakarta sendiri sudah menolak permohonan banding HRS dkk.

Rizieq tetap divonis empat tahun penjara dalam perkara ini. Vonis ini sendiri diketahui lebih rendah dari tuntutan jaksa yang menuntut selama enam tahun penjara.

Saat proses persidangan berlangsung, massa simpatisan Rizieq mulai berkumpul di jalan-jalan menuju Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Polisi juga mengamankan sejumlah massa karena dinilai melakukan aksi kericuhan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X