Varian Baru dari Inggris Masuk Indonesia, DPR Minta Imigrasi Tak Cuma Andalkan Surat Covid

- Rabu, 3 Maret 2021 | 11:05 WIB
Virus corona di permukaan sel manusia. (NIAID-RML)
Virus corona di permukaan sel manusia. (NIAID-RML)

Pemerintah mengkonfirmasi ditemukannya virus corona varian baru yakni B117 yang berasal dari Inggris. Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo meminta pemerintah agar segera melakukan testing dan tracing kepada pihak yang pernah bertemu dengan pasien terpapar virus tersebut.

"Tentu kita tracing terhadap saodara kita yang pernah berkomunikasi dengan detail, sehingga kita bisa kanalisasi penyebaran kemungkinan Covid-19 varian dari inggris ini," ujar Rahmad saat dihubungi Indozone, Rabu (3/3/2021).

Politisi PDIP ini juga meminta agar pihak Imigrasi dapat lebih lagi mengetatkan pemeriksaan bagi mereka yang baru datang dari luar negeri dalam mencegah varian baru virus corona B117. Tidak hanya sekedar surat bebas Covid-19, namun mereka terlebih dahulu harus melakukan test ketika tiba di Indonesia.

"Kita dorong pihak imigrasi agar lebih ketat lagi tidak hanya sekedar surat bebas Covid dari luar negeri, tapi ketika masuk ke Indonesia perlu discrening dan di testing antigen atau genose," katanya.

Baca Juga: Jokowi Cabut Lampiran Perpres Soal Miras, Ini Tanggapan Presiden PKS 

"Karena beberapa waktu lalu meskipun sudah menggunakan surat masih ada yang terpapar positif banyak dari luar negeri. Nah ini ngga boleh kecolongan lagi, apalagi variannya kita belum tahu modelnya seperti apa," tambahnya.

Terakhir Rahmad berpesan agar semua pihak lebih berhati-hati dan tetap waspada pasca adanya varian virus corona B117 ditemukan. Dia mengakui hal ini akan menjadi beban pemerintah di dalam mengendalikan Covid-19 di Indonesia

"Tentu kita lebih berhati-hati, lebih waspada terhadap temuan varian Covid-19 dari Inggris. Tentunya ini tantangan cukup berat menghadapi di saat sedang mengendalikan Covid-19," tandasnya.

Seperti diketahui, Kemenkes mengumumkan varian terbaru virus Corona B117 yang masuk ke Indonesia berasal dari warga negara Indonesia yang bekerja sebagai TKI di Arab Saudi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X