Bantu Banyak Orang, Layanan Panggilan Darurat 112 Raih Penghargaan Internasional

- Kamis, 4 Maret 2021 | 17:01 WIB
Layanan panggilan darurat 112 dapat penghargaan. (Dok. Kominfo)
Layanan panggilan darurat 112 dapat penghargaan. (Dok. Kominfo)

Layanan panggilan darurat 112 mendapat penghargaan di ajang Contact Center World Top Ranking Performance Competition tahun 2020. Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ahmad M. Ramli.

"Dalam kegiatan ini, Kominfo meraih penghargaan Gold Award untuk kategori Best Project Manager sektor Government," kata Ahmad M. Ramli.

Kominfo sebelumnya mengajukan tema "Passing the COVID Storm in Gaining Hope", dalam kompetisi tingkat dunia ini.

Di layanan 112 ini, masyarakat bisa mengakses panggilan darurat 112 tanpa biaya untuk keadaan gawat darurat seperti kebakaran, memanggil ambulans hingga kecelakaan medis.

Selain itu, layanan ini juga bisa dimanfaatkan ketika ada yang mengalami KDRT.

Layanan ini dimulai sejak 2016, sesuai dengan Peraturan Menteri No. 10 tahun 2016 tentang Layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat.

Saat baru diluncurkan, terdapat 10 kota yang terlayani oleh panggilan darurat ini. Saat ini ada 65 kabupaten dan kota yang sudah menggunakan panggilan darurat 112.

Panggilan darurat 112 beroperasi setiap hari dan merupakan salah satu implementasi transformasi digital.

"Kementerian Kominfo melakukan pembenahan di berbagai bidang baik penyediaan infrastruktur, pengembangan aplikasi, penyusunan regulasi, pengendalian, penyiapan sumber daya manusia digital, teknologi penunjang, serta riset dan inovasi," ujar Ramli.

Kominfo mendorong dan memfasilitasi pemerintah kabupaten dan kota agar menjadi penyelenggara layanan panggilan darurat 112 untuk daerah masing-masing.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X