Hargai Jasa Pahlawan, Ini Tradisi yang Biasa Dilakukan di Hari Pahlawan

- Selasa, 10 November 2020 | 16:41 WIB
Presiden Joko Widodo memimpin Upacara Ziarah Nasional dalam Peringatan Hari Pahlawan 2020 di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (10/11/2020). (ANTARA/Humas Setkab)
Presiden Joko Widodo memimpin Upacara Ziarah Nasional dalam Peringatan Hari Pahlawan 2020 di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (10/11/2020). (ANTARA/Humas Setkab)

Setiap tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan di Indonesia. Ini berawal dari peristiwa 10 November 1945 saat para pemuda di Surabaya melawan serangan penjajah.

Hingga saat ini jasa para pahlawan yang gugur melawan penjajah selalu diperingati. Biasanya, hal ini dilakukan dalam beberapa tradisi yang dilakukan setiap tahun.

Apa saja yang biasa dilakukan di Hari Pahlawan? Simak ulasannya seperti yang dihimpun Indozone, Selasa (10/11/2020).

1. Upacara Hari Pahlawan

-
Presiden Jokowi memimpin Upacara Ziarah Nasional di TMP Kalibata, Jakarta Selataan, Selasa (10/11/2020). (Tangkapan layar Youtube Setpres)

Setiap tahunnya dilakukan upacara (Upacara Ziarah Nasional) untuk menghormati jasa para pahlawan di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta Selatan. Upacara di TMP Kalibata ini dipimpin oleh presiden seperti yang dilakukan oleh Presiden Jokowi tahun ini.

Upacara memperingati Hari Pahlawan ini meliputi beberapa rangkaian acara seperti mengheningkan cipta, meletakkan karangan bunga, dan pembacaan doa bagi arwah para pahlawan. Upacara memperingati Hari Pahlawan juga dilakukan di berbagai daerah di Indonesia.

2. Tabur Bunga

-
Plt. Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin menaburkan bunga di makam pahlawan usai pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Pariaman, Selasa (10/11/2020). (ANTARA SUMBAR/Aadiaat M.S)

Setelah Upacara Ziarah Nasional, acara dilanjutkan dengan menaburkan bunga di makam beberapa tokoh di TMP. Hari ini, Presiden Jokowi dan jajarannya menaburkan bunga di makan beberapa tokoh seperti B.J Habibie, Ainun Habibie, Ani Yudhoyono, Adam Malik, Taufik Kiemas, hingga Umar Wirahadikusuma.

BACA JUGA: Sambut Hari Pahlawan, Ma'ruf Amin: Tumbuhkan Jiwa Kepahlawanan di Masa Pandemi

3. Ziarah

-
Pengunjung melakukan ziarah di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama, Kalibata, Jakarta, Rabu (4/11/2020). (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Ziarah ke makam para pahlawan tidak hanya dilakukan di Jakarta, tapi juga dilakukan di kota-kota lain untuk memperingati jasa para pahlawan dari daerah tersebut. Acara ziarah biasanya dilakukan dengan mengheningkan cipta hingga tabur bunga. Namun untuk tahun ini, ziarah dilakukan dengan peserta yang dibatasi dan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X